Type to search

Self-Improvement

Ternyata Ini 6 Alasan Mengapa Orang Miskin Tetap Menjadi Miskin

Alasan mengapa orang miskin tetap miskin

Di dunia ini, nggak jarang kita dibuat heran dengan fakta si kaya yang tetap kaya, dan golongan orang miskin yang malah semakin miskin. Banyak yang menganggap fenomena ini sebagai sebuah kewajaran.

Banyak juga yang beranggapan bahwa mereka yang berasal dari keturunan kaya memang lebih mudah untuk tetap kaya karena segala kemudahan yang mereka dapatkan sejak kecil. Namun, apa benar itu alasan mengapa orang miskin tetap menjadi miskin?

 

Penyebab Orang Miskin Tetap Miskin

Kaya dan miskin itu sebenarnya nggak melulu soal latar belakang keluarga kita seperti apa. Faktanya, kaya dan miskin sangat tergantung dengan pola pikir dan cara kita dalam membelanjakan uang. Tidak sedikit orang yang mempunyai banyak uang, namun akhirnya jatuh miskin dan menjadi miskin seterusnya.

Nah di artikel ini, kamu akan mendapatkan alasan mengapa orang yang miskin cenderung terus menjadi miskin. Apa yang salah? Apa yang harus diperbaiki? Yuk simak alasannya berikut ini …

1. Keyakinan yang Salah

Ada kecelakaan

Banyak orang mempunyai persepsi yang salah terhadap kekayaan. Misalnya saja menyebut uang sebagai akar dari kejahatan atau stigma ‘harta tidak dibawa mati’. Keyakinan seperti ini yang terus tertanam dalam pikiran akan membuat orang- orang tidak melakukan upaya terbaik mereka dalam berusaha dan bekerja.

Baca Ini Juga Ya :   7 Rahasia Orang yang Selalu Sukses Dalam Karir

Secara tidak langsung, pernyataan ini juga membuat mental miskin seseorang menjadi lebih kuat karena bisa menjadi tameng untuk sifat malasnya itu.

 

2. Tidak Punya Tujuan dan Rencana Keuangan

Salah jadwal kuliah

Orang yang sukses terbiasa mempunyai target untuk dicapai. Semakin detail target itu, maka semakin baik dalam memompa semangat kita. Bayangkan bila kita hidup tanpa tujuan atau tujuan kita berubah- ubah. Bisa jadi, kita hanya membuang- buang waktu dan masa depan kita untuk hal yang tidak jelas.

Hal yang sama berlaku dalam hal keuangan. Banyak orang miskin yang saat mempunyai uang sedikit atau banyak, yang mereka tahu hanya menghabiskannya saja. Mereka tidak punya rencana keuangan yang baik untuk masa depan yang lebih cerah. Akibatnya bias ditebak, kan?

 

3. Tidak Mempunyai Financial Awareness

Selalu membawa tas ramah lingkungan saat berbelanja

Penting sekali untuk orang- orang mempunyai finansial awareness agar mereka tahu posisi keuangan mereka ada dimana. Dengan financial awareness, kita punya kesadaran untuk mengontrol setiap pemasukan, pengeluaran, dan melakukan alokasi dana untuk tujuan- tujuan yang penting.

Baca Ini Juga Ya :   10 Kata Bijak dari Ibu Susi Pudjiastuti yang Langsung Membangkitkan Motivasimu

Tanpa kesadaran finansial, seringkali kita tidak tahu kemana saja uang kita mengalir. Bahkan tidak jarang, uang gaji yang kita miliki hanya bertahan dalam hitungan hari karena habis untuk melunasi hutang ini dan itu. Orang- orang seperti ini lah yang selamanya akan berada di jalur tikus, yaitu dengan gali lubang dan tutup lubang.

 

4. Tidak Merasa Adanya Keharusan

Penelitian Mengungkap Bahwa Orang yang Baik Cenderung Lebih Miskin

Apa yang terjadi saat seseorang sudah mempunyai tujuan, namun tidak mempunyai alasan untuk mencapai tujuan itu? Akibatnya, motivasi diri turun secara perlahan karena merasa kalau tujuan yang ingin dicapai ini bukan sebuah keharusan.

Jika sudah begitu, maka akan timbul masalah yang dapat menggagalkan usaha dalam mencapai tujuan. Bukannya maju, hidup kita hanya seperti itu- itu saja.

 

5. Mudah Menyerah

Wanita duduk sendirian sedih dan menyerah

Orang kaya bukan sekedar karena latar belakang keluarga dan pendidikan saja. Lebih dari itu, ada kerja cerdas dan kerja keras yang tidak selalu terlihat. Ini lah hal paling penting yang seringkali membedakan antara orang kaya dan miskin.

Saat orang miskin hanya berdoa dan meminta keberuntungan untuk mendapatkan uang dengan sedikit atau bahkan tanpa usaha, orang kaya berusaha mati- matian dan bekerja tanpa kenal lelah. Pada akhirnya, kerja keras tidak akan mengkhianati hasil, setuju?

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Sedih Kalau Masih Jomblo, Mungkin Saja Jodohmu Beda Benua. Kayak Cowok asal Lombok yang Dapat Bule Cantik Ini

 

6. Lingkungan yang Kurang Baik

Lingkungan tempat tinggal dan pergaulan dapat mempengaruhi pola piker dan mental. Banyak orang miskin yang tinggal di lingkungan kurang baik yang akhirnya mendukung mental mereka untuk terus seperti itu.

Agar terbebas dari pengaruh lingkungan kurang baik itu, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mencari dan bergabung dengan komunitas yang mempelajari tentang pendidikan finansial, wirausaha, dan hal- hal positif lainnya.

 

Miskin itu Bukan Takdir

Banyak orang yang mempunyai latar belakang biasa- biasa saja atau bahkan kurang beruntung yang ternyata bisa menjadi orang suskes di kemudian hari. Artinya, menjadi miskin itu pilihan, bukan takdir.

Jika Anda ingin menjadi kaya, cobalah untuk terus belajar, memperbaiki karakter diri, dan terus memotivasi diri Anda untuk memaksimalkan segala potensi yang Anda miliki. Dengan tekun belajar, mencoba hal baru, dan pantang menyerah, Anda dapat mengubah nasib Anda menjadi lebih baik lagi.

Komentar

komentar

Tags: