Type to search

Hubungan

Bukan Mitos, Ternyata ini 6 Alasan Ilmiah Mengapa Banyak Pasangan Berwajah Mirip

Pasangan berwajah mirip

Pernah nggak sih kamu bertemu dengan pasangan- pasangan yang wajahnya mirip? Atau justru kamu dan pasanganmu sendiri sering dibilang mirip oleh orang lain? Nggk jarang, orang mengaitkan kemiripan sepasang kekasih ini dengan jodoh atau tidaknya mereka. Kira- kira ini mitos atau fakta, sih?

Untuk menjawab gundah gulanamu, Geet & Aditya akan mengulas alasan ilmiah dibalik miripnya sepasang kekasih. Yuk kita simak sama- sama!

 

  1. Pria cendering mencari perempuan yang mirip dengan ibunya
pasangan romantis

via Pixabay

Menurut penelitian, orang lebih tertarik mendekati mereka yang punya kemiripan dengan mereka. Secara tidak sadar juga, pria cenderung mencari kekasih yang punya kemiripan dengan ibunya karena menganggap ibunya adalah figure wanita yang ideal. Alasan ini lah yang secara tidak langsung mempengaruhi pria saat memilih pasangan.

Baca Ini Juga Ya :   Bukan Hanya Orang Ketiga, Ternyata Ada 8 Alasan Utama Mengapa Istri Ingin Bercerai dari Suami

 

  1. Semakin bahagia sepasang kekasih, mereka semakin terlihat mirip satu sama lain

Pasangan

Study yang dilakukan oleh seorang psikolog asal Amerika, Robert Zanjonc, mengungkap bahwa tingkat kemiripan pasangan suami istri dipengaruhi oleh tingkat kebahagiaan mereka. Semakin bahagia mereka, maka akan semakin terlihat mirip. Kerut senyum dan raut wajah akan terbentuk serupa apabila biasa tersenyum dan tertawa bersama.

 

  1. Menjadikan dirinya sendiri sebagai patokan dalam memilih pasangan
pasangan,bahagia,menikah

via Pixabay

Dalam memilih pasangan, pria punya kecenderungan mencari yang mirip dengan dirinya. Mengenali diri sendiri secara detail, baik itu dari segi fisik maupun emosi akan membuat mereka mencintai diri sendiri dan menjadikan diri mereka sebagai patokan dalam memilih pasangan.

Dosen dari University of Stiling, Anthony Little, berpendapat bahwa hal ini disebabkan oleh visual exposure. Artinya, semakin sering kita melihat sesuatu, maka kita akan semakin menyukainya.

Baca Ini Juga Ya :   Melamar Cewek Nggak Harus “Will You Marry Me?”. Coba 9 Kalimat Kreatif yang Bikin Meleleh Ini

 

  1. Saling berbagi emosi selama bertahun- tahun

pasangan,suami istri,tidak bahagia

Psikolog dari University of Michigan membuktikan bahwa peningkatan kemiripan wajah mempunyai kaitan erat dengan kebersamaan dan saling berbagi emosi selama beberapa decade.

Para ahli juga membuktikan bahwa terbentuknya sel- sel dalam otak dipengaruhi oleh ekspresi atau perasaan yang dialami bersama selama bertahun- tahun. Sel- sel dalam otak ini lah yang selanjutnya akan membentuk fisik, perilaku, hingga emosional yang sama.

 

  1. Sistem imun yang terbentuk selama bertahun- tahun
destinasi wisata,bulan madu,wisata romantis.cinta,pasangan,love,heart

Ilustrasi Gambar: Pixabay

Menjalin kebersamaan selama bertahun- tahun membuat orang secara tidak sadar saling meniru ekspresi wajah. Lamat laun, mereka menjadi terbiasa dengan apa yagn mereka lihat dan menirunya.

Baca Ini Juga Ya :   10 tahun Bersama, 13 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Romantisnya Glenn Alinskie-Chelsea Olivia Nggak Pernah Ada Habisnya

Berbagai ekspresi wajah ini dapat mengidentifikasi emosi karena otot- otot wajah memainkan peran dalam mengatur aliran darah ke otak. Pernyataan ini diamini oleh Robert Zajonc.

 

  1. Kebersamaan membuat saling meniru kebiasaan dan bahasa tubuh pasangan

Hidup terasa tidak lengkap tanpa smartphone

Para ahli juga menyatakan bahwa pengalaman emosional yang dilalui bersama bisa secara tidak disadari membentuk guratan- guratan wajah, bahasa tubuh, perilaku, hingga kondisi emosional yang membuat mereka mirip satu sama lain. Berbagi ekspresi selama bertahun- tahun ini juga berpengaruh terhadap sel- sel otak.

 

Nah, itu dia penjelasan ilmiah mengapa banyak orang yang berpasangan terlihat mempunyai kemiripan. Meski begitu, yang namanya jodoh nggak melulu kemiripan wajah menjadi tolak ukurnya ya. Jodoh tetap di tangan Tuhan, sedangkan kita ikut kebagian tebak- tebakannya 🙂

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like