Type to search

Perlu Tahu

4 Alasan yang Membuat Susu Kental Manis Jadi Polemik di Indonesia. Gunakan Aja Secukupnya

Susu kental manis, tidak dilarang namun tidak baik untuk dikonsumsi dengan cara diseduh

Pasti kamu sudah sering kan mendengar polemik tentang susu kental manis? Sebelum menjadi polemik seperti sekarang ini, semua orang sih happy- happy saja menjadikan susu kental manis sebagai ‘susu’ sajian keluarga. Kadang susu kental manis juga dijadikan teman sarapan pagi kita atau campuran untuk es campur.

Namun sejak polemik berkembang, banyak yang berdebat karena susu kental manis dinyatakan bukan lah susu yang baik untuk dikonsumsi. Tahu nggak sih alasan kenapa susu kental manis ini bermasalah? Cari tahu alasan sebenarnya, yuk…

  1. Susu kental manis nggak ada nutrisinya

Dalam pembuatan awalnya sih memang susu kental manis dibuat dari campuran susu sapi murni dan gula. Namun, proses panjang yagn dilaluinya membuat hasil akhir campuran tersebut malah nggak menyisakan nutrisi dari susu sapi sedikit pun. Yang ada hanya lemak dan kadar gula yang tinggi.

Baca Ini Juga Ya :   Pria Menikah Cenderung Lebih Panjang Umur Daripada Jomblo. Ini Alasannya

 

  1. Kandungan gula yang tinggi

Susu kental manis mengandung lebih dari 60% gula! Kandungan ini telah melebihi anjuran yang diatur oleh pemerintah yang hanya 43% sja. Kandugnan gula yang tinggi ini lah yang bikin susu kental manis jadi manis berlebihan dan kental banget.

  1. Bukan untuk konsumsi anak- anak

Sejak awal diproduksi, susu kental manis tidak dibuat untuk konsumsi anak- anak, apalagi bayi. Susu kental manis sebaiknya hanya boleh dikonsumsi oleh anak berusia 12 tahun hingga dewasa. Sayangnya, di masyarakat malah susu kental manis ini banyak dikonsumsi oleh anak- anak juga.

 

  1. Bukan buat diseduh

Sering banget bikin susu kental manis diseduh dengan air panas atau air dingin? Sebenarnya hal ini  tidak dianjurkan. Susu kental manis sebaiknya disajikan sebagai bahan pelengkap makanan, seperti campuran adonan eskrim, roti bakar, salad buah, jus, dan lainnya. Jadi bukan buat diminum langsung ya..

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Lagi Kantongi Dompet di Saku Celana Belakang. Resikonya Bikin Merinding!

 

Jadi polemik yang beredar tentang susu kental manis bukan berarti melarang peredarannya ya. Tapi himbauan agar masyarakat lebih bijak mengonsumsinya sesuai dengan takaran dan cara penyajian yang dianjurkan.

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like