Type to search

Perlu Tahu

Di Swedia, Anggota DPR Digaji Rendah dan Tidak Mendapat Tunjangan

Anggota DPR Swedia Digaji Rendah dan Tidak Dapat Tunjangan

Gaji yang besar dan fasilitas mewah sering menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang ingin menjadi anggota DPR atau parlemen. Namun, ternyata DPR tidak selalu identik dengan gaji yang besar di semua negara.

Misalnya saja di Swiss, anggota DPR hidup dengan sangat sederhana.

“Kami ini tak berbeda dengan warga kebanyakan,” ungkap Per-Arne Hakansson, anggota parlemen Swedia dari Partai Sosial Demokrat.

Menurut Hakansson, tugas utama mereka adalah mewakili rakyat sehingga tak pantas rasanya jika mereka diistimewakan atau mendapatkan fasilitas atau gaji tinggi.

Sebaliknya, menurut Hakansson, hal yang membuat mereka istimewa adalah kesempatan untuk ikut andil dalam menentukan kebijakan negara.

 

Tidak Ada Mobil Dinas atau Tunjangan Khusus

Yang menarik, semua anggota DPR Swedia tidak mendapatkan mobil dinas atau tunjangan untuk membeli mobil. Parlemen juga hanya mempunyai tiga mobil dinas berjenis Volvo S80. Ketiga mobil ini diperuntukkan untuk ketua dan tiga wakilnya, serta hanya boleh dipakai untuk tugas- tugas parlemen saja.

Baca Ini Juga Ya :   Lahir Tahun Berapa? Angka Terakhir Tahun Kelahiranmu Ungkap Rahasia Kehidupanmu

Sedangkan untuk urusan mobilitas, anggota dewan biasanya dapat menggunakan transportasi umum secara cuma- cuma.

Saat ditanya mengapa tidak ada mobil untuk anggota DPR, pejabat parlemen, Rene Poedtke memberikan jawaban unik : “Kami bukan perusahaan taksi.”

Ia menjelaskan tiga mobil dinas parlemen tidak boleh dipakai untuk mengantarkan anggota DPR dari kantor ke rumah. Satu- satunya pejabat tinggi negara ayng mempunyai mobil dinas dalah Perdana Menteri Stefan Lofven.

 

Anggota DPR Swedia menerima gaji senilai 6.900 dollar AS atau senilai Rp 98 juta sebulan. Angka ini hanya setengah dari anggota Kongres Amerika Serikat yang menerima gaji 14.000 dollar AS sebulan. Sedangkan gaji rata- rata Swedia adalah 2.800 dollar AS atau setara Rp 40 juta per bulan.

Baca Ini Juga Ya :   12 Penemuan Gila dari Jepang ini Aneh Tapi Bermanfaat Banget buat Sehari- hari

Anggota DPR yang secara khusus mewakili daerah pemilihan di luar ibu kota Stockholm dapat mengklaim secaman tunjangan harian yang nilainya sebesar 12 dollar AS atau setara dengan Rp 171.000. Di Stockholm, nominal ini hanya dapat digunakna untuk membeli makanan sederhana.

 

Rumah Dinas Hanya untuk Parlemen dari Luar Stockholm

Rumah dinas juga lumrah dijadikan sebagai fasilitas untuk anggota DPR di banyak negara. Namun, lagi- lagi, hal ini tidak berlaku untuk anggota DPR di Swedia.

Di Swedia, rumah dinas berbentuk apartemen sempit dan hanya diperuntukkan untuk anggota parlemen yang berasal dari luar Stockholm. Apartemen ini hanya mempunyai satu kamar dengan luas keseluruhan tak lebih dari 46 meter persegi. Tanpa fasilitas mesin cuci atau mesin pencuci piring.

Baca Ini Juga Ya :   Dikira Produk Luar Negeri, Padahal 8 Brand Ini Asli Indonesia Lho

Jika tidak ingin tinggal di apartemen, para anggota boleh menyewa properti lain dengan syarat uang sewanya tak lebih dari 820 dollar AS atau Rp 11,6 juta per bulan. Untuk ukuran Stockholm, tunjangan uang sewa ini tergolong rendah.

Meski begitu, ini dianggap lebih baik dibandingkan masa- masa sebelumnya dimana tidak ada apartemen dinas untuk anggota dan banyak dari mereka yang biasanya menginap di kantor.

Keren ya konsep DPR yang diterapkan Swedia ini? Mungkin nggak ya sistem ini diadopsi sama negara lain?

 

Komentar

komentar

Tags: