Type to search

Inspiratif

Unik dan Kental Nuansa Jawa, Ini Arti Nama Anak dan Cucu Presiden Jokowi

Keluarga besar Presiden Jokowi dan Ibu Iriana

Sebagai orang nomer satu di Indonesia, nama Presiden Jokowi memang selalu menjadi sorotan dimana- mana. Bukan sekedar kiprahnya di dunia politik saja, tapi juga potret keluarga Pak Jokowi yang santun dan sederhana selalu menarik perhatian banyak orang.

Bukan hanya Pak Jokowi, tapi putra- putrinya dan cucu sang Presiden juga sering menjadi topik perbincangan. Termasuk kamu, pasti tahu familiar dong dengan anak dan cucu Presiden Jokowi dan Ibu Iriana? Ya, mereka adalah Gibran, Kahiyang, dan Kaesang, serta Jan Ethes, dan Sedap Mirah.

 

Arti Nama Anak Presiden Jokowi

Bicara soal anak dan cucu Pak Jokowi, masing- masing dari mereka mempunyai nama yang menarik dan kental dengan nuansa Jawa. Dan tahukah kamu, masing- masing dari nama itu ternyata punya makna yang indah lho. Penasaran apa? Yuk simak ulasan kami berikut ini :

Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka

Gibran adalah putra pertama Presiden Jokowi dan Ibu Iriana yang populer dengan bisnis kulinernya. Punya nama unik, ternyata terselip doa yang sederhana pada nama Gibran.

Baca Ini Juga Ya :   Kisah Inspiratif Liliyana Natsir, Hanya Tamat SD dan Juara Olimpiade Rio

Dalam bahasa Arab, Gibran berarti ‘orang yang pandai’ atau merupakan akronim dari gigih dan berani.

Sedangkan Rakabuming adalah gabungan tiga kata berbeda, yaitu ‘Raka’, ‘Bumi’, dan ‘Ing’. Di bahassa Indonesia, Raka berarti kakak laki- laki, Bumi berarti tanah, dan Ing adalah kata bahasa Jawa yang berarti ‘di’.

Secara keseluruhan, nama lengkap Gibran ini mempunyai makna putra pertama yang panda namun tetap sederhana dan membumi.

 

Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu adalah putri semata wayang Pak Jokowi dan Ibu Iriana. Sama seperti sang kakak, ia mempunyai nama yang anggun dan kental dengan nuansa Jawa.

Dalam bahasa Jawa, Kahiyang berarti yang tersayang. Sedangkan Ayu berarti cantik dalam kosakata bahasa Jawa.

 

Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep sering menjadi sosok yang menarik perhatian netizen Indonesia. Di usianya yang masih sangat muda, ia berhasil mengikuti jejak sang kakak dengan meraup sukses di bidang kuliner.

Baca Ini Juga Ya :   Viral! Satpam Ini Rajin Menata Motor Siswa Berdasarkan Warna dan Tipe

Nama pertama anak ketiga Presiden Jokowi ini terdiri dari tiga suku kata bahasa jawa. Kae berarti ‘itu’, Sang bermakna ‘yang’, dan Pangarep berarti ‘yang diharapkan’ atau ‘yang terdepan’. Kata Sang juga merupakan salah satu kosakata bahasa Vietnam yang artinya bangsawan atau cerah.

 

Arti Nama Cucu Presiden Jokowi

Sama dengan anak- anaknya, cucu- cucu Presiden Jokowi juga mempunyai nama yang kental dengan nuansa Jawa.

Jan Ethes Srinarendra

Arti nama cucu Jokowi, Jan Ethes Srinarendra

Di awal kelahirannya, banyak yang mengira kalau nama Jan Ethes ini kebarat- baratan. Namun setelah mendapat penjelasan dari Gibran dan Pak Jokowi, barulah banyak orang menyadari kalau nama Jan Ethes justru sangat kejawen sekali.

Kata Jan berarti sangat atau sungguh- sungguh, Ethes berarti cekatan, terampil, energik, atau lincah. Sedangkan Srinarendra makna sebagai pemimpin yang baik. Sang ayah berharap agar kelak putranya ini mewarisi sikap kakeknya yang menjadi pemimpin yang baik.

Baca Ini Juga Ya :   Ini Dia Nunuk Nuraini, Insinyur Teknologi Dibalik Cita Rasa Khas Indomie

Kesimpulannya, arti dari nama Jan Ethes Srinarendra ini adalah sosok pemimpin yang baik yang sungguh- sungguh terampil dan cekatan. Keren ya?

 

Sedah Mirah Nasution

Arti nama cucu Jokowi Sedah Mirah Nasution

Berbeda dari nama- nama di atas, nama cucu perempuan pertama Presiden Jokowi ini mengandung harmonisasi antara nama Jawa dan juga Batak. Sedah dapat diartikan sebagai suruh dalam adat upacara adat Jawa (pernikahan) atau panggilan kehormatan untuk pribadi, keluarga, dan masyarakat.

Sedangkan kata Mirah mempunyai makna permata berwarna merah. Dan nama Nasution adalah penanda marga dari sang ayah, Bobby Nasution.

Menurut Kahiyang dan Bobby sendiri, nama Sedah Mirah adalah harapan agar putrinya menjadi sosok yang menawan, sholeha, dan dermawan untuk orang- orang di sekitarnya.

 

Itulah arti dari nama anak dan cucu Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. Kamu tertarik untuk menggunakan nama bernuansa Jawa juga untuk anak- anakmu nanti?

Komentar

komentar

Tags: