Type to search

Piknik

Woowww…. Bandara Indonesia Dinobatkan Menjadi No. 1 Dunia

1. Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan

Ada kabar membanggakan dari dunia penerbangan di Indonesia. Secara resmi, tiga bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I masuk ke daftar 10 besar dunia dengan tingkat kepuasan penumpang tertinggi pada kuartal 1/2017 versi Airports Council International (ACI).

Lalu, bandara mana saja yang masuk ke peringkat 10 besar ini? Tiga bandara itu adalah Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Juanda Surabaya.

Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman Sepinggan menduduki peringkat pertama dari total 85 bandara dunia di kategori penumpang 5-15 juta orang per tahun. Bandara kebanggan Bali, I Gusti Ngurah Rai, duduk di peringkat kedua dari total 37 bandara di kategori jumlah penumpang 15-25 juta orang per tahun. Sedangkan Bandara Juanda Surabaya duduk di posisi ke 10 untuk kategori yang sama dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

2. Bandara I Gusti Ngurah Rai

Bandara I Gusti Ngurah Rai mendudukui posisi kedua

ACI sendiri adalah organisasi bandara terkemuka di dunia  yang berbasis di Montreal, Kanada. ACI memiliki program ASQ atau Airport Service Quality yang merupakan sebuah program benchmarking global yang berfungsi mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara.

Baca Ini Juga Ya :   Tanpa PR dan UN, Finlandia adalah Negara dengan Pendidikan Terbaik di Dunia, Bagaimana dengan Indonesia?

ASQ ini sendiri mengukur opini kepuasan ini dari 34 indikator kerja, diantaranya adalah kemudahan akses bandara, check in, fasilitas belanja, security screening, toilet dan restoran. ASQ juga telah menjadi standar dunia dalam mengukur kepuasan penumpang di bandara.

10. Bandara Juanda, Surabaya

Bandara Juanda semakin menjadi kebanggan warga Surabaya

Danang S. Baskoro, Direktur Utama PT Angkasa Pura I, menyatakan bahwa peningkatan peringkat kepuasan penumpang ini adalah bukti keseriusan Angkasa Pura I dalam memberikan standar layanan yang terbaik untuk penumpang. Ia juga menegaskan bahwa peningkatan peringkat ini sekaligus merupakan indikator perwujudan visi perseroan untuk dapat menjadi salah satu dari sepuluh besar pengelola airport terbaik se- Asia ke depannya.

Baca Ini Juga Ya :   Nggak Nyangka! Ternyata 6 Negara ini Menggunakan Bahasa Jawa sebagai Bahasa Sehari- hari

 

Sumber : Bisnis.com

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like