Type to search

Trending

Bikin Merinding! Video ini Tunjukkan Kondisi Pencernaan 20 Menit Setelah Makan Mie Instant

Bahaya makan mie instant

Mie instant memang makanan praktis yang sulit buat ditolak. Dalam keadaan mendesak saat uang anak kos menipis di akhir bulan atau saat malas buat memasak, mie instant adalah penolong yang sangat bisa diandalkan. Kadang saat lapar tanggung, mie instant juga sering menjadi pilihan terbaik untuk mengisi perut.

Eitsss… tapi tunggu dulu. Coba diinget- inget, seberapa sering sih kamu mengonsumsi mie instant ini? Jarang, sering, atau malah sering banget??

Meski kita sering mendengar kalau terlalu sering mengonsumsi mie instant tidak baik buat kesehatan, toh nyatanya masih banyak dari kita yang mengabaikan anjuran baik itu. Susah memang ya buat menolak kelezatan mie instant. Apalagi mie instant sendiri punya banyak varian rasa, mulai dari cita rasa regular seperti rasa soto, rasa ayam bawang, sampai cita rasa khusus seperti rasa gulai, balado, atau iga.

Baca Ini Juga Ya :   Menurut Survey UI, Perokok Akan Insyaf Jika Harga Rokok Rp 70.000 per Bungkus

Namun sayangnya, sering mengonsumsi mie instant yang praktis, ekonomis, dan menggoda ini seringkali dikaitkan dengan masalah kesehatan serius. Terkait issue ini, viral sebuah video tahun 2013 dimana seorang peneliti asal Amerika Serikat pun mencoba melakukan eksperimen untuk melihat reaksi organ pencernaan manusia terhadap mie instant.

Pil pintar penguji mie instant

Dalam percobaannya, ia menggunakan teknologi ‘pil pintar’ untuk mengintip apa yang terjadi perut kita sesaat setelah mengonsumsi mie instant. Pil pintar ini sendiri adalah sebuah kamera berukuran pil multivitamin yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia.

Dalam rekaman cuplikan berita yang tayang pada tahun 2013 ini, terlihat jelas bahwa perut harus berjuang keras demi mencerna mie instant. Selang 20 menit, mie instant masih terlihat utuh dan nyaris tidak ada perubahan.

Baca Ini Juga Ya :   Kisah Bocah 10 Tahun asal Lamongan, Rela Putus Sekolah Demi Rawat Ibunda yang Lumpuh

Dari rekaman ini, peneliti menyimpulkan bahwa mie instant mengandung beberapa zat berbahaya seperti butylhydroquinone, atau dikenal dengan sebutan TBHQ.

Seperti dilansir dari Boredomtherapy.com, TBHQ mempunyai beberapa efek samping untuk tubuh manusia. Dan yang terburuk, zat ini dapat merusak proses dalam sistem pencernaan karena zat kimia tertinggal dalam tubuh dalam waktu relatif lama.

Jika umumnya tubuh membutuhkan waktu enam hingga delapan jam dalam memproses makanan hingga manusia bisa buang air besar secara teratur, namun hal berbeda terjadi saat kita mengonsumsi mie instant. Makanan ini justru membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna secara sempurna oleh tubuh kita.

Meski tidak semua orang setuju dengan video ini dan bahkan ada yang terang- terangan menganggap video ini ‘aneh’ dan kurang penelitian mendalam, namun sebenarnya ini adalah nasehat untuk kita agar lebih berhati- hati dalam mengonsumsi mie instant. Mengonsumsi boleh, hanya saja, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan ini terlalu sering dan berlebihan.

Komentar

komentar

Tags: