Type to search

Kesehatan

Turun Berat Badan Secara Alami? Hindarilah 8 Jenis Buah Ini

Buah kalengan dengan pemanis sirup perlu dihindari saat kamu ingin turun berat badan

Buah adalah salah satu makanan favorit untuk mereka yang ingin menjalankan gaya hidup sehat. Bahkan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, buah selalu dimasukkan ke dalam bagian diet mereka. Salah satunya karena buah mempunyai kandungan serat yang tinggi dan dilengkapi dengan mikronutrien penting untuk tubuh kita.

Namun di sisi lain, beberapa jenis buah juga mempunyai kandungan gula tinggi yang tentu bertentangan dengan upaya penurunan berat badan. Sehingga penting sekali untuk memperhatikan jenis buah yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi.

Eliza Savage, ahli diet di Middleburg Nutrition di New York, Amerika Serikat menyarankan agar setiap ornag yang menjalani program penurunan berat badan memperhatikan porsi asupan buah mereka.

“Bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan, perhatikan porsi.” “Misalnya, segenggam (untuk ukuran buah apel) dan secangkir buah potong untuk ukuran melon atau nanas,” ungkapnya.

 

Minimalkan Konsumsi Buah- buah Ini untuk Turun Berat Badan Alami

Konsumsi buah segar yang cukup memang baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun yang perlu digarisbawahi, ada beberapa jenis buah yang tidak sehat untuk dikonsumsi. Jika kamu ingin memotong asupan gula, cobalah untuk meminimalkan konsumsi jenis buah- buahan berikut ini :

  1. Buah Kalengan dengan Sirup Pemanis
Baca Ini Juga Ya :   Nahan Pipis itu Bahaya Banget untuk Ibu Hamil. Salah Satu Penyebab Terbesar Kematian Bayi

Buah kalengan dengan pemanis sirup perlu dihindari saat kamu ingin turun berat badan

Menurut Jillian Kubala, seornag ahli gizi tersertifikasi, buah kalengan dapat menjadi pilihan buah yang menyehatkan sekaligus terjangkau, selama buah tersebut tidak diproses menggunakan sirup pemanis.

“Pilihlah buah kalengan dalam air atau jus, ketimbang buah kaleng yang dicampurkan dengan sirup pemanis,” kata Jillian.

 

  1. Buah Kering

Buah kering mengandung lebih banyak kalori

Buah kering memang sering menjadi cemilan yang menggoda, terutama jika digabungkan dengan lemak sehat dan protein seperti kacang atau biji- bijian. Namun, mengonsumsi terlalu banyak buah kering dapat menambah berat badan.

“Buah kering lebih berkalori daripada buah utuh segar dan mengandung lebih banyak gula persajian. Sebab, buah ini dipadatkan dan dikeringkan,” ujar dia.

Buah utuh mengandung air yang membuat kita merasa kenyang dan terhidrasi. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka buah utuh adalah pilihan terbaik.

Baca Ini Juga Ya :   4 Alasan yang Membuat Susu Kental Manis Jadi Polemik di Indonesia. Gunakan Aja Secukupnya

 

  1. Smoothies

Smoothies sering dibuat dengan lebih banyak kandungan gula

Smoothies bisa sehat dan bisa tidak sehat. Misalnya saja smoothies dalam botol yang banyak dijual di supermarket, bisa jadi mengandung sangat banyak gula. Jadi menurut Jillianm mengonsumsi smoothie botol sebanyak 1-2 porsi benar- benar bisa merusak usaha penurunan berat badanmu.

Namun jika masih ingin mengonsumsinya, cobalah membuat smoothies sendiri di rumah. Dengan begitu kamu bisa memasukkan secangkir buah potong, ditambah dengan sayuran, dan sumber protein. Untuk memberi rasa, kamu bisa menambahkan susu almond tanpa pemanis agar tetap bisa dinikmati dan sehat.

 

  1. Pisang

Buah pisang bisa mengandung hingga 17 gram gula

Amanda Baker Lemein, seorang ahli diet tersertifikasi menyebut bahwa pisang adalah pilihan yang kurang baik saat kita sedang berusaha menurunkan berat badan. Pisang berukuran besar dapat mengandung 17 gram gula dan 120 kalori.

 

  1. Nanas

Nanas bisa mengandung hingga 17 gram gula dalam satu sajian

Bukan pisang saja, menurut Amanda, nanas juga buah yang sebaiknya dihindari saat sedang melakukan diet. Dalam satu cangkir sajian, nanas dapat mengandung hingga 17 gram gula.

Baca Ini Juga Ya :   Terlihat Awet Muda & Bugar, Ini Rahasia Armand Maulana

 

  1. Mangga

Saat diet, porsi makan buah mangga perlu sekali diperhatikan

Mangga juga termasuk buah yang tidak tepat untuk sering dikonsumsi saat sedang berusaha menurunkan berat badan. Mangga ini dapat mengandung buah hingga 22 gram gula per satu cangkir sajian. Jika benar- benar ingin mengonsumsinya, pastikan untuk memperhatikan porsi sajian dengan ketat.

 

  1. Anggur

Karena kandungan gulanya, buah anggur tidak dianjurkan untuk sering dikonsumsi saat diet

Menurut Brooke Alpert, author dari The Diet Detox, anggur termasuk salah satu buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam konteks diet. Alasannya, anggur mengandung banyak gula dan per secangkir sajian dapat mengandung hingga 16 gram gula.

 

  1. Semangka

Sepotong semangka bisa mengandung hingga 17 gram gula

Semangka memang buah yang segar dan nikmat untuk dikonsumsi. Namun, wajib untuk diperhatikan takaran sajinya. Misalnya saja secangkir semangka potong bisa mengandung hingga Sembilan gram gula. Sedangkan sepotong semangka yang setara dengan seperenamnya dapat mengandung gula  hingga 17 gram.

Apakah kamu sedang berusaha menurunkan berat badang? Coba perhatikan asupan buahmu yaa…

Semoga bermanfaat!

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like