Type to search

Sehat dan Cantik

Ini Dia 5 Jenis Buah yang Membantu Turun Berat Badan Secara Alami

Buah yang baik untuk turun berat badan alami

Buah- buahan bukan saja segar, tapi juga kaya akan berbagai nutrisi. Tidak heran, buah- buahan sering menjadi salah satu menu favorit untuk dimasukkan ke dalam diet kita. Ya, beberapa jenis buah- buahan memang baik untuk menurunkan berat badan secara alami.

Buah seperti apa yang baik untuk menurunkan berat badan? Tentu saja buah dengan kalori yang rendah tapi kaya akan serat. Jenis buah- buahan ini dapat membuat kita kenyang lebih lama sehingga keinginan kita untuk makan banyak menjadi berkurang.

Berikut ini adalah beberapa jenis buah- buahan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan secara alami :

1. Apel

Buah yang baik untuk turun berat badan alami

Satu buah apel besar dengan berat sekitar 223 gram mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat. Menurut penelitian, apel adlaah salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Penelitian yang dipublikasikan di PLoS Medicine mengungkap fakta bahwa orang yang rutin makan apel akan kehilangan sekitar 0,56 kg beratnya per hari. Penelitian ini juga mengungkap bahwa apel yang dimakan utuh dapat mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan. Selain itu, sifat apel yang kaya akan air akan membuat perut mudah merasa penuh dan kenyang.

Baca Ini Juga Ya :   Kamu Wajib Tahu, Buah Kersen yang Nggak Dianggap Ini Ternyata Banyak Manfaatnya

 

2 Semangka

Buah semangka

Semangka dikenal dengan kadar airnya yang tinggi. Dengan mengonsumsi beberapa potong semangaka saja, perut kita dapat mudah merasa kenyang. Dengan begitu, keinginan untuk makan makanan yang lain akan menjadi berkurang.

Dengan begitu, semangka ini bisa menjadi salah satu alternatif cemilan sehat saat kita merasa lapar dan ingin ngemil. Dengan cemilan sehat, kita akan selangkah lebih dekat dengan berat badan ideal. Di sisi lain, semangka juga bisa memenuhi hasrat kita untuk mengonsumsi makanan manis.

 

3. Kiwi

Nutrisi pada buah kiwi

Saat mencari buah padat nutrisi yang bisa mensukseskan diet kita, maka kiwi adalah salah satu pilihan terbaik. Kiwi adalah sumber vitamin C, vitamin E, folat, dan serat yagn sangat baik untuk kesehatan kita.

Baca Ini Juga Ya :   Bikin Ngiri, Banyak Makan Tapi Tetap Kurus?? Ini Penjelasan Medisnya..

Sebuah penelitian yang melibatkan 41 partisipat prediabetes mengungkap fakta bahwa makan dua buah kiwi per hari selama 12 minggu dapat membuat lingkar pinggang kita menurun sebesar 3,1 cm.

Meski di sisi lain kiwi juga mengandung gula, kiwi mempunyai tingkat alikemik yang rendah, Maka dari itu, makan kiwi tidak akan membuat gula darah melonjak drastis. Selain itu, kiwi juga tinggi serat sehingga dapat menjaga kesehatan usus dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

 

4. Melon

Nutrisi buah melon

Sama seperti semangka, melon juga mengandung kadar air yang cukup tinggi. Melon juga kaya akan kalium, serat, dan antioksidan seperti vitamin C, beta karoten, serta likopen. Mengonsumsi 150 gram melon dapat menghasilkan 45 sampai 61 kalori. Maka dari itu, kita akan merasa kenyang dengan kalori yang masuk ke tubuh kita terbilang rendah. Untuk menikmati buah ini dalam diet kita, kita dapat mengonsumsinya dalam potongan buah segar atau mencampurkannya ke dalam salad buah.

Baca Ini Juga Ya :   Hati- hati, Cium Bayi Sembarangan Ternyata Bisa Tularkan Penyakit Berbahaya Ini

 

5. Pisang

Buah pisang bisa mengandung hingga 17 gram gula
Pisang termasuk salah satu buah padat kalori dibandingkan buah- buahan lainnya. Meski begitu, pisang juga dapat dimasukkan sebagai salah satu alternatif buah untuk menurunkan berat badan.

Pisang juga dikenal sebagai salah satu buah dengan tingkat indeks glikemik rendah hingga sedang sehingga dapat membantu mengendalikan kadar insulin dan mengatur berat badan. Pisang juga kaya kandungan magnesium, kalium, mangan, serat, antioksidan, serta berbagai vitamin. Dengan menjaga pola makan dan memasukkan pisang ke dalam menu diet seimbang kita, kita dapat mendapatkan berat badan ideal secara alami.

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like