Type to search

Sehat dan Cantik

Menjaga Badan Tetap Bugar untuk Kamu yang Kurang Tidur

Menjaga tubuh tetap bugar meski kurang tidur

Aktifitas yang terlalu padat bisa membuat orang lupa untuk beristirahat. Apalagi saat pekerjaan di kantor menumpuk dan harus terbawa di rumah. 12 jam waktu untuk bekerja rasanya tidak pernah cukup. Badan harus terus di-charge agar tidak mudah merasa lelah. Istirahat sejenak diperlukan untuk mengurasi rasa pegal agar kondisi tubuh cepat pulih kembali dan ‘amnesia’ terhadap kelelahan.

Namun,  benarkah tubuh kita yang seperti amnesia ini tidak merasa capek sedikit pun? Tentu saja tidak. Tubuh kita, meski bagaimanapun tetap mempunyai keterbatasan. Namun saat hati kita sedang antusias terhadap sesuatu yang baru, tubuh kita seakan lupa dengan keterbatasannya. Otak menjadi lebih fokus melihat hal- hal yang menyenangkan daripada badan yang sudah kelelahan.

Meski begitu, jika kita terus mengabaikan sinyal ‘lelah’ tersebut dan terus menyembunyikannya karena semangat kerja yang membara atau melakukan aktifitas yang kita sukai, bukan tidak mungkin di hari- hari selanjutnya kita merasa drop dan jatuh sakit.

Baca Ini Juga Ya :   Kenapa sih Botol Yakult Berukuran Kecil? Ternyata Ini Alasannya

Maka dari itu, untuk menjaga tubuh kita tetap fit meski dalam kondisi kurang tidur, cobalah untuk melakukan hal- hal berikut ini :

  1. Sarapan
roti,sarapan

Jangan lupa sarapan via cabotcheese.coop

Apapun yang menunggu Anda dengan tergesa- gesa di pagi hari, berikanlah kesempatan pada diri sendiri untuk menikmati sarapan dengan kenyang dan nyaman. Beberapa orang memang mengakut tidak terbiasa sarapan. Namun untuk kesehatan jangka panjang, sarapan akan membantu Anda untuk fokus dan mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik.

Para ilmuwan mengungkap bahwa makan satu jam setelah bangun tidur dapat meningkatkan fokus dan stamina. Pilihan menu- menu kaya akan protein dan biji- bijian adalah kombinasi yang baik untuk sarapanmu. Hindari menu yang mengandung banyak gula, apalagi junk food.

Baca Ini Juga Ya :   Bau Mulut Memang Mengganggu, Tapi Kamu Bisa Mengatasinya dengan Cara Ini

 

  1. Hindari Minum Kopi Terlalu Pagi
Wanita cantik minum kopi

via Food Revolution Network

Sekalipun Anda penggemar kopi, terutama kalau suka begadang, pastikan untuk tidak mengonsumsi kopi terlalu pagi. Terutama jika Anda tidak menyantap sarapan pagi Anda terlebih dulu.  Kandungan zat kafein di kopi, terutama jika dikonsumsi terlalu pagi dapat meningkatkan resiko kesehatan tubuh kita.

 

  1. Menikmati Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat baik untuk tubuh kita. Saat menikmati hangatnya sinar matahari pagi, Anda juga terus merasa fit dan segar sekalipun kurang tidur.

 

  1. Minum Air Putih

Minum Air

Saat aktifitas tubuh kita meningkat, dehidrasi akan sulit dihindari jika tidak segera diisi dengan air putih. Salah satu efek dari kurangnya air adalah pusing atau sakit kepala dan kesulitan untuk memfokuskan pikiran. Anda bisa saja mengira bahwa ini efek lapar atau kelelahan. Namun yang terjadi sebenarnya adalah karena kurang minum. Jika ingin tubuh tetap prima meski kurang istirahat, minumlah minimal dua liter air per hari agar tubuh tetap terasa bugar.

Baca Ini Juga Ya :   Catat! 10 Bahan Skincare yang Sebaiknya Kamu Hindari Demi Kesehatanmu

Tetap Perhatikan Waktu Tidur

Meski tips ini dapat membantu Anda untuk tetap merasa bugar, namun istirahat yang cukup adalah solusi hidup sehat yang sesungguhnya untuk jangka panjang. Kurang tidur dapat mengacaukan sistem kerja organ tubuh kita. Dan apabila ini terjadi setiap hari dalam jangka waktu yang lama, efek kerusakan pada tubuh kita bisa menjalar kemana- mana.

Cobalah untuk mengatur ulang jadwalmu jika dirasa terlalu padat. Susun ulang prioritas dan tinggalkan kegiatan menyita waktu yang sebenarnya tidak begitu perlu dilakukan.

Selamat mencoba!

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like