Type to search

Self-Improvement

Simak Deh, Ini Dia 8 Tanda Dia Adalah Sahabat Terbaikmu

Ciri- ciri ia sahabat terbaik/ sahabat sejati

Mempunyai seorang teman untuk bersandar dan berbagi suka duka adalah idaman setiap orang. Di saat kita penat dengan berbagai masalah dalam hidup kita, setidaknya ada satu atau dua orang yang bisa kita andalkan untuk berbagi cerita dan meluapkan perasaan.

Di satu sisi, seiring dengan pertambahan usia kita, maka lingkungan sosial yang kita miliki pun menjadi semakin luas. Lingkungan sosial yang luas ini seringkali kebalikan dengan jumlah sahabat yang semakin sedikit yang kita miliki.

Namun kabar baiknya, sahabat yang sedikit ini biasanya mempunyai kedekatan yang cukup intens dengan kita. Itulah sahabat terbaik. Seolah- olah kita selalu mempunyai tempat untuk berteduh yang sama dari semua hal yang kita lalui di dunia ini.

Kedekatan intens ini lah yang sering membuat kita nyaman dan kuat dalam menghadapi berbagai hal.

Ciri- Ciri Dia Sahabat Sejatimu

Lantas, bagaimana caranya untuk tahu bahwa teman yang bersamamu saat ini adalah sahabat terbaikmu?

dr. Andrea Bonior, seorang psikolog klinis berlisensi, bersama Shasta Nelso yang merupakan seorang ahli dalam hubungan persahabatan, turut memberikan jawaban.

Baca Ini Juga Ya :   Bisa Terlihat Dari Sekarang, Ini Dia 7 Tanda Kelak Kamu Jadi Orang Sukses

1.      Rasa Saling Percaya

2. Pas lagi nongkrong bareng temen- temen yang lain, obrolan dia diselipin sama guyonan asmara

Kepercayaan adalah hal penting dalam persahabatan. Kepercayaan bisa dibangun dari berbagai hal kecil. Kepercayaan juga harus berlaku dua arah, yaitu kamu mempercayainya, dan dia mempercayaimu.

Misalnya saja saat kamu mengetahui temanmu punya masalah dan dia belum bercerita padamu. Kamu perlu tetap berpikir positif bahwa mungkin ia butuh waktu untuk menceritakan masalahnya padamu. Kamu tidak mudah menaruh rasa curiga atau berpikir negatif kepadanya.

2.      Pentingnya Konsistensi

Ada tiga cara untuk mengetahui kesehatan hubungan persahabatan, yaitu interaksi secara konsisten, tak sungkan berbagi kritik, serta adanya perasaan positif. Interaksi secara konsisten penting untuk dilakukan, meskipun kalian tidak harus saling bertemu dan hangout bareng setiap hari.

Misalnya saja kalian sering chat nggak penting lewat WhatsApp atau menjadwalkan shopping bareng sebulan sekali. Meski waktu yang diluangkan tidak selalu banyak, namun kamu dan sahabatmu menunjukkan konsistensi dalam bertindak.

3.      Berinteraksi Satu Sama Lain, Bagaimanapun Caranya

maudy ayunda,merantau
Maudy Ayunda dan sahabat / via Instagram

Seorang sahabat selalu mempunyai cara untuk menjaga dan meningkatkan interaksi satu sama lain. Entah itu lewat media sosial atau berinteraksi secara langsung. Kalian tidak akan canggung untuk memulai duluan dan tidak saling menunggu.

Pada dasarnya, kalian merasa sangat bebas dan leluasa untuk mengirim pesan atau menelepon secara tiba- tiba satu sama lain. Selalu ada alasan untuk membuat interaksi berjalan dengan nyamannya.

Baca Ini Juga Ya :   Mau Lebih Pintar? Cobain Deh 5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Ini

4.      Terbuka Satu Sama Lain

Dalam persahabatan, keterbukaan adalah hal yang penting. Semakin kalian saling mengenal satu sama lain, maka keterbukaan akan semakin tercipta diantara kalian. Kalian mengenali sifat satu sama lain dengan sangat baik, dan tak sungkan untuk menceritakan masalah terberatmu sekalipun.

5.      Saling Mengenal Sangat Baik

persahabatan,wanita
Sahabat sejati/ via womenshealthmag

Karena interaksi yang intens dan keterbukaan itulah kalian mengenal satu sama lain dengan sangat baik. Bahkan bisa dibilang, ia mungkin sosok yang lebih mengenalmu dibandingkan keluargamu sendiri.

Dengan caranya sendiri, ia memahami sifatmu dibandingkan banyak temanmu yang lain di luar sana.

6.      Sering Menjadi Orang Pertama yang Diberi Informasi

Entah kesialan atau keberuntungan, sahabatmu sering menjadi orang pertama yang akan kamu hubungi. Begitu juga dia.

Alasannya sederhana, karena dia begitu bisa dipercaya dan selalu menjadi orang pertama yang siap mendengar semua keluh kesahmu.

Baca Ini Juga Ya :   22 Hal Aneh yang Sering Dialami oleh Mereka yang Berkepribadian Introvert

7.      Ada Dalam Suka dan Duka

7. Selalu dikelilingi sahabat tercinta
selalu dikelilingi sahabat yang sayang padanya/ via Pixabay.com

Seorang sahabat bukan hanya menjadi temanmu untuk bersenang- senang. Lebih dari itu, ia adalah sosok yang selalu mendukungmu dalam keterpurukan.

Ia siap untuk mendengar keluh kesahmu tanpa bersikap superior atau menggurui. Kualitas ini lah yang selalu kamu sukai dari sahabatmu itu.

8.      Selalu Ada Timbal Balik

Timbali balik sangat penting dalam ikatan persahabatan untuk membuat kedua pihak merasa nyaman dengan adanya keseimbangan antara memberi dan menerima. Timbal balik ini bukan dari artian material ya, namun waktu, pikiran, dan perasaan.

Hubungan timbal balik ini penting untuk membuat salah satu pihak tidak ada yang merasa sedang ‘dimanfaatkan’ begitu saja.

Meski tidak banyak, kehadiran seorang sahabat terbaik ini penting untuk menjaga hidupmu terasa manis dan membahagiakan. Sahabat terbaik juga kadang dipisahkan oleh jarak dan waktu. Meski begitu, persahabatan dan interaksi tetap terjalin, entah bagaimana caranya.

Tag sahabatmu…

Komentar

komentar