Type to search

Perlu Tahu

8 Ekspektasi Anak SMA Tentang Kuliah yang Ternyata Salah Besar!

Ekspektasi Kuliah ala Anak SMA

Serius nanya, saat kamu masih duduk di bangku SMA dulu, seperti apa sih bayangan kamu soal kuliah? Pasti kuliah menjadi hal- hal yang kamu idam- idamkan karena banyak adegan film dan sinetron yang menampilkan dunia perkuliahan sebagai sebuah jenjang yang sangat menyenangkan kan ya?

Kenyataannya, semua yang kamu lihat dan kamu bayangkan dari layar kaca itu nggak sepenuhnya benar lho! Dunia perkuliahan memang sering menyenangkan, tapi sekaligus penuh dengan kesulitan dan rintangan. Bahkan nggak sedikit mahasiswa yang merasa pengen kembali ke jaman SMP-SMA!

Terus, apa saja sih hal- hal tentang perkuliahan yang nggak sesuai dengan ekspektasi kamu yang masih sekolah? Simak rangkuman kami yang dilansir dari IDN Times ya :
1. Kuliah itu seru karena nggak harus pakai seragam!
1. Kuliah itu seru karena nggak harus pakai seragam!
Oke, wajar sih jika anak- anak sekolah berpikir kalau lepas dari seragam adalah hal yang menyenangkan. Tapi ternyata nggak juga! Malah banyak anak kuliahan yang dipusingkan dengan apa saja yang akan dipakai untuk hari ini, besok, lusa dan seterusnya.

Mau pakai baju yang sama dua hari berturut- turut? Duhhh… rasanya udah galau dan nggak nyaman karena takut jadi omongan. Padahal, dua hari itu kamu cuma masuk untuk satu kuliah.

Baca Ini Juga Ya :   Salut! Anak Satpam di Sleman ini Berhasil Raih Gelar Doktor di UGM

2. Enak banget karena dosen nggak peduli kita datang atau nggak, ngumpulin tugas atau nggak.
2. Enak banget karena dosen nggak peduli kita datang atau nggak, ngumpulin tugas atau nggak.
Kadang betul juga sih! Tapi saking nggak pedulinya, ada juga dosen yang bahkan nggak peduli mau nilai kamu E sekalian, hehehe….. Beda dengan di sekolah dulu, kebanyakan nilaimu akan didongkrak naik oleh guru- guru. Kalau sudah kuliah, nilai didongkrak naik itu bisa jadi hanya impiah. Mau dapat nilai B saja perlu kerja keras setengah mati.

3. Bakalan nggak full kuliah dari pagi dan selalu ada waktu kosong
3. Bakalan nggak full kuliah dari pagi dan selalu ada waktu kosong
Siapa bilang? Malahan ada lho beberapa jurusan yang menghabiskan waktu dari pagi sampai sore di kampus barengan tugas praktikum yang ribet dan nggak ada habisnya.

Ada juga waktu- waktu tertentu yang kamu pikir hari kosong dan kamu bisa merasa bebas karena nggak ada mata kuliah, seketika itu juga dosenmu bilang ada kuliah dadakan untuk mengganti ketidakhadirannya pada pertemuan sebelumnya. Yang lebih menyebalkan lagi, dosen itu juga bisa memberikan kabar itu hanya dua jam sebelum kelas dimulai.

4. Merasa bakalan sibuk karena mengambil banyak SKS
4. Merasa bakalan sibuk karena mengambil banyak SKS
Di saat kamu sudah merasa kalau hari ini bakalan sibuk dan banyak mata kuliah, bisa saja dosen membatalkan semua perkuliahan itu secara sepihak. Alasannya apa? Nggak jarang hanya Tuhan dan dosen itu yang tau.

Baca Ini Juga Ya :   Gokil Abis! Harga Secangkir Kopi di 3 Negara ini Mahalnya Nggak Kira- Kira

5. Mendapatkan nilai di bangku kuliah nggak sesusah waktu SMA, kan kita sudah berada di jurusan yang benar
5. Mendapatkan nilai di bangku kuliah nggak sesusah waktu SMA, kan kita sudah berada di jurusan yang benar
Nggak juga, ah! Walaupun kamu sudah hadir setiap hari dan udah belajar mati- matian, tetap saja, ada dosen yang bisa tiba- tiba memberikan kamu nilai yang nggak sesuai dengan perkiraanmu.

Selain itu, kuliah itu nggak Cuma soal dapat nilai bagus pas ujian saja. Nilai bisa jadi ditotal dari keaktifan kita selama masa kuliah, nilai tugas- tugas yang diberikan, nilai praktikum, dan juga attitude kita juga masuk ke kriteria penilaian.

6. Serunya bertemu dan menjalin pertemanan dengan orang- orang baru
6. Serunya bertemu dan menjalin pertemanan dengan orang- orang baru
Nyatanya sih nggak juga. Malah di dunia perkuliahan nanti, kamu akan kaget karena bertemu dengan orang- orang yang individualis. Mereka cenderung mementingkan urusannya sendiri dibandingkan dengan urusan orang lain..

Ada juga saat- saat dimana kamu menganggap mereka adalah sahabat dekatmu, tapi ternyata mereka bisa meninggalkanmu karena alasan yang nggak kamu mengerti.

7. Pertemanan di SMA dipenuhi drama nggak penting. Saat kuliah nanti, pasti semua orang sudah dewasa dan nggak ada drama lagi.
7. Pertemanan di SMA dipenuhi drama nggak penting. Saat kuliah nanti, pasti semua orang sudah dewasa dan nggak ada drama lagi.
The drama goes on. Justru di masa ini, akan semakin banyak drama yang mampir di hidupmu. Tahu- tahu, nanti ada teman yang nangis bombai karena tugas kuliahnya nggak diterima dosen atau kamu sendiri galau setengah mati karena skripsi nggak kunjung di-acc sama dosen. Ada juga yang bertengkar gara- gara pembagian tugas kelompok yang nggak merata. Misalnya nih, si A kebagian mengerjakan hamper seluruh tugas, sedangkan si C hanya santai- santai memberi perintah.

Baca Ini Juga Ya :   Ini Buktinya Kalau ‘Oplas’ Nggak Seinstan yang Dibayangkan. Wanita ini Saja Harus Menderita Dulu selama 3 Bulan

8. Pasti bakalan punya pacar, soalnya banyak waktu buat nongkrong bareng teman
8. Pasti bakalan punya pacar, soalnya banyak waktu buat nongkrong bareng teman
Pertanyaannya sama, siapa lagi sih yang bilang gitu? Kenyataannya, banyak juga kok yang masih jomblo di masa kuliah. Soalnya kuliah bukan lagi waktunya kamu main- main lagi seperti saat sekolah. Kamu benar- benar diminta untuk menjadi sosok yang lebih bertanggung jawab dengan pekerjaanmu. Bukannya menikmati malam mingguan, kamu akan lebih sering menikmati begadang sambal ngerjain tugas.

Waaahhhh… gitu banget ya kuliah? Meski begitu, pada akhirnya pas kamu sudah kerja, masa kuliah akan menjadi moment- moment yang bikin kamu kangen untuk kembali lagi ke masa itu. Jadi, nikmati dan syukuri lah masa- masa indahmu saat ini ya

 

Sumber : IDN Times

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like