Type to search

Perlu Tahu

Dalam 6 Hal Ini, Indonesia Menjadi Nomer Satu di Dunia

Dalam 6 Hal Ini, Indonesia Menjadi Nomer Satu di Dunia

Ada beberapa hal yang menarik tentang Indonesia di mata dunia. Ada hal yang bikin kita bangga, namun ada juga yang bikin ngelus dada. Namun kembali lagi, pencapaian atau pun hal buruk yang orang kenal tentang Indonesia, semua itu sebenarnya ada andil dari masyarakatnya.

Misalnya saja, Indonesia dikenal sebagai negara yang ramah terhadap turis asing. Tentu saja hal ini terjadi lantaran masyarakatnya yang memang beramah- tamah terhadap para wisatawan asing.

Di siis lain, jika ada yang mengenal Indonesia sebagai negara yang kotor, itu terjadi lantaran andil kita yang masih saja membuang sampah ke sungah dan kurang tertib dalam menjaga kebersihan.

 

Indonesia Menjadi Peringkat Pertama di Dunia Dalam 6 Hal Ini

Lebih jauh lagi, Indonesia ternyata juga mencetak prestasi sebagai negara peringkat pertama dalam beberapa hal di dunia. Tidak semuanya positif sih. Namun justru itu, artikel ini mengingatkan kita untuk memperbaiki citra negatif yang masyarakat dunia sematkan pada kita. Jangan sekedar mengelus dada saja karena ini nggak akan bisa bikin perubahan apa- apa.

1. Indonesia Peringkat Pertama Negara Trilingual di Dunia

Dalam 6 Hal Ini, Indonesia Menjadi Nomer Satu di Dunia

Beberapa waktu lalu website Swiftkey meluncurkan sebuah riset menarik tentang bagaimana penduduk sebuah negara menggunakan Bahasa. Hasilnya, Indonesia ternyata menempati posisi pertama dalam kategori pengguna tiga Bahasa atau sering disebut trilingual.

Baca Ini Juga Ya :   Daftar Harga Makanan Indonesia di Amerika ini Bikin Melongo! Indomie Harganya Lebih Mahal dari Burger

Dari survery tersebut, kebanyakan orang Indonesia lancar dalam menggunakan tiga Bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa daerah, dan Bahasa Inggris. Indeksnya sendiri bahkan sekitar 17 persen dari total populasi orang Indonesia.

Sedangkan di posisi kedua diduduki oleh Israel dengan indeks 11,4 persen. Warga Israel ini sendiri terbiasa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, Ibrani, dan Rusia.

 

2. Indonesia Paling Juara dalam Pemberantasan Illegal Fishing

Menteri Susi Pudjiastuti memang dikenal sebagai sosok Menteri Perikanan dan Kelautan yang ciamik. Langkah- langkahnya sangat nyata dalam menangani permasalahan kelautan Indonesia. Salah satunya adalah fenomena pencurian ikan oleh kapal asing. Aksinya yang getol memberantas illegal fishing pun menarik perhatian dunia.

Berkat kerja kerasnya, Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai negara nomer satu paling aktif memberantas eksploitasi sumber daya laut. Menteri Susi pun sempat mengungkapkan kegembiraannya terkait penghargaan ini.

“Kita wajib bangga, Indonesia kini nomor 1 pemberantasan Illegal, Unreported, Unregulated Fishing di dunia. Ini satu prestasi yang sangat luar biasa. Dunia akan belajar pada kita,” ungkapnya.

Baca Ini Juga Ya :   Nggak Nyangka! Ternyata 6 Negara ini Menggunakan Bahasa Jawa sebagai Bahasa Sehari- hari

 

3. Indonesia Peringkat Pertama Dalam Jumlah Wanita Bekerja

bekerja,teman,kerja sama,relasi

Ilustrasi Gambar: Pexels

CEO asuransi termuka dunia asal Jepang bernama Haruaki Deguchi mengungkap bahwa Indonesia menempati posisi pertama untuk negara yang paling banyak pekerja wanitanya. Point ini sih memang mempunyai dua sisi persepsi yang berbeda ya. Di satu sisi ini menunjukkan bahwa wanita Indonesia adalah sosok yang mandiri. Namun di sisi lain, peranan laki- laki seolah kalah pamor.

Deguchi sendiri berpendapat bahwa Jepang tak akan pernah bisa menyaingi Indonesia dalam hal ini. Hal ini karena budaya Jepang dimana pria harus selalu lebih superior. Selain itu, wanita di Jepang masih terikat kodrat kewanitaan dimana mereka mungkin tidak akan pernah bisa bekerja layaknya pria. Bukan hanya soal fisik, namun juga kontinuitas, dimana wanita akan mengalami proses hamil dan melahirkan.

 

4. Indonesia Nomer Satu Dalam Cyber-Bully

Tingkat cyberbully di Indonesia memang sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan data 2013 saja, Indonesia menempati peringkat pertama dalam hal cyberbully dengan jumlah 36 persen dari total user di seluruh dunia. Padahal, di tahun sebelumnya, Indonesia hanya menyumbang 21 perse kasus cyberbully dunia. Angka ini bahkan dipercaya semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Baca Ini Juga Ya :   Nggak Tanggung- Tanggung, Di Singapura Penyebar Hoaks Terancam Denda 10 Miliar

 

5. Indonesia Juga yang Pertama Dalam Perdagangan Satwa yang Dilindung

Dalam 6 Hal Ini, Indonesia Menjadi Nomer Satu di Dunia

via NationalGeographic.co.id

Indonesia dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman hayati. Sayangnya, hal ini juga memancing banyak oknum untuk menjual satwa langka demi keuntungan pribadi mereka sendiri. Fakta menyedihkan, Indonesia adalah negara terbanyak di dunia soal penjualan satwa langka ini.

 

6. Militer Indonesia adalah yang Terbaik di Asia Tenggara

Dalam 6 Hal Ini, Indonesia Menjadi Nomer Satu di Dunia

Sebagai penutup dari artikel ini, point nomer adalah pencapaian Indonesia di bidang militer. Sangat membanggakan karena Indonesia adalah negara dengan kekuatan militer nomer satu di Asia Tenggara. Memang bukan nomer satu, tapi tentu saja ini prestasi yang harus kita apresiasi.

Lantas, bagaimana dengan peringkat dunia? Dari 193 negara, Indonesia menempati posisi 12. Peringkat ini tentu masih masuk dalam kategori sangat baik dan membanggakan. Namun di sisi lain, kita tentu harus mengimbanginya dengan mengurangi pencapaian negatif, seperti dalam kasus cyberbully dan penjualan satwa di atas.

Semoga saja artikel ini menginspirasimu untuk menjadi warga Indonesia yang lebih baik lagi. Sebarkan awereness untuk menghindari cyberbullying dan penjualan satwa langka demi Indonesia yang lebih baik lagi.

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like