Type to search

Trending

Bikin Geleng- Geleng Kepala, Media Asing Soroti Karakter Orang Indonesia yang Suka Selfie di Dekat Area Bencana

Media asing soroti Selfie di area Tsunami Selat Sunda

Beberapa waktu lalu Indonesia berduka. Banten dan Lampung menjadi saksi betapa memilukannya terjangan gelombang tsunami Selat Sunda yang menghantam beberapa pesisir area Indonesia. Kejadian ini meninggalkan duka yang mendalam untuk para korban bencana tsunami, yang beberapa diantaranya merupakan personil Seventeen.

Di sisi lain, kejadian pilu tersebut justru menjadi salah satu obyek selfie yang tak boleh dilewatkan bagi beberapa orang. Keasyikan beberapa warga yang berswafoto di sekitar lokasi bencana dan di tengah orang- orang yang sedang berduka tentu menjadi fenomena yang mengejutkan untuk Jamie Fullerton.

Jamie adalah seorang jurnalis The Guardian yang saat itu sedang meliput bencana tsunami di Kawasan Banten. Ia kaget karena banyak orang yang terlihat asyik selfie di area bencana hanya demi eksis di media sosial dan mendapatkan banyak like.

Baca Ini Juga Ya :   Perusahaan di Jepang Tak Mau Lagi Rekrut Calon Pegawai yang Merokok

 

Empati yang Semakin Menghilang

Di kesempatan itu salah Jamie sempat melakukan wawancara singkat kepada salah satu pelaku swafoto yang terlihat asyik mengabadikan beberapa foto selfie di dekat area bencana. Seorang wanita usia 18 tahun asal Jawa Tengah bernama Anastasia mengaku tidak kecewa dengan keputusannya untuk pergi dari Jakarta, menghabiskan waktu selama tiga jam perjalanan memakai mobil, demi menjelajah ke lokasi bencana tsunami di Banten.

“Saya ingin melihat kehancuran akibat tsunami, dan orang- orang yang terkena dampak,” katanya.

Valentina Anastasia melakukan selfie di lokasi tsunami (Fotografer: Jamie Fullerton)

Valentina Anastasia melakukan selfie di lokasi tsunami (Fotografer: Jamie Fullerton)

Saat ditanya Jamie berapa banyak foto narsis yang ia ambil di daerah itu. Anastasia sempat tertawa.

Baca Ini Juga Ya :   Viral! Kisah Ibu Muda Umur 25 Tahun Melahirkan 5 Anak dalam 5 Tahun Berturut- turut

“Banyak! Untuk media- media sosial, grup WhatsApp…”, katanya sambil memperlihatkan beberapa foto yang berhasil ia abadikan di smartphone nya.

 

Menjadi Headline di Media Luar

Saat bencana tsunami Selat Sunda menghantam Banten dan Lampung, bukan hanya bencana itu saja yang menjadi headline di media massa internasional. Perilaku orang Indonesia yang doyan selfie di area bencana ini punya mendapat sorotan dan menjadi headline.

Kejadian ini mengundang keprihatinan banyak pihak, baik netizen luar negeri, maupun dalam negeri. Banyak yang menyayangkan sekelompok oknum yang bukannya menunjukkan keprihatinannya terhadap bencana, justru asyik selfie demi likes di media sosial.

Selfie di tengah korban tsunami menjadi headline di media luarSemoga saja artikel ini menjadi pengingat untuk kita agar lebih berempati terhadap para korban bencana alam. Apapun tujuannya, selfie di area bencana sambil senyum- senyum tanpa dosa jelas bukan tindakan yang bisa dimaklumi. Yuk kita lebih bijak lagi dalam menggunakan ponsel dan media sosial kita.

Baca Ini Juga Ya :   Kisahnya Viral Agnes Claudia, Umat Katolik Order Pizza untuk Buka Puasa Driver Ojol

Komentar

komentar

Tags: