Type to search

Self-Improvement

7 Tips untuk Para Introvert agar Nggak Gampang Baper

Cewek introvert sendirian

Orang- orang berkepribadian introvert dikenal dengan karkaternya yang berhati lembut sekaligus sensitif. Mereka sering terjebak dengan persepsi mereka sendiri tentang perkataan dan perilaku orang lain. Kadang perilaku dan kata- kata orang yang bukan untuk diri mereka malah diambil hati. Akhirnya mereka sedih dan murung sendiri.

Namun kamu nggak perlu berkecil hati sebenarnya para Introvert. Kamu bisa kok meminimalisir hal ini untuk terus terjadi pada dirimu. Bagaimana caranya? Kamu bisa melatih pikiran dan perasaanmu untuk lebih tenang dan legowo. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba :

  1. Ingatkan dirimu bahwa kamu nggak bisa membuat senang semua orang

Perempuan sendirian menunggu di hujan

Orang introvert sering sedih dan sakit hati karena mereka terlalu sensitif. Kadang mereka berharap hanya mendengar hal baik. Padahal, hal seperti ini tidak bisa selalu terjadi. Ingatlah, kamu tidak pernah bisa mengendalikan respon seseorang terhadap dirimu.

Baca Ini Juga Ya :   Jika Ingin Anakmu Kelak Membumi dan Hebat, Membiarkan Dia Merantau adalah Cara Paling Tepat

Jadi, latihlah dirimu untuk tidak khawatir terhadap banyak hal. Daripada memikirkan mereka yang tidak peduli padamu, fokuslah kepada orang- orang yang memberi dukungan dan selalu ada untukmu, seperti orangtua, saudara, dan sahabat.

 

  1. Kamu nggak perlu memperhatikan setiap komentar negatif tentang dirimu
Wanita cantik berkaca

via Pixabay

Komentar orang bisa kamu jadikan sebagai media untuk instropeksi diri. Jika memang masukan itu bisa membuat kamu menjadi manusia yang lebih baik, kenapa tidak? Tapi kalau komentar itu hanya nyinyir belaka, sebaiknya kamu segera move on dan melupakannya. Kamu nggak perlu memasukkannya dalam hati dan akhirnya membuatmu sedih selama berhari- hari.

 

  1. Jangan selalu berpikir ada yang salah dengan dirimu

22 Hal Aneh yang Sering Dialami oleh Mereka yang Berkepribadian Introvert

Hanya karena kamu nggak klop dnegan obrolan orang lain, bukan berarti ada yang salah dengan kepribadian atau sifatmu. Pasalnya, setiap individu mempunyai karakter yang unik dan berbeda- beda. Hanya karena kamu nggak bisa klop dengan sekelompok orang, bukan berarti ada yang aneh dengan dirimu atau kamu bukan orang yang menyenangkan. Rangkullah kepribadianmu, dan nikmatilah hidup.

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Pernah Main- Main dengan 3 Zodiak Ini. Pembalasannya Bakal Lebih Sakit dari yang Kamu Duga!

 

  1. Tidak ada yang salah dengan menjadi diri sendiri

Wanita duduk sendirian menunggu teman ngaret

Apapun yang terjadi, jadilah diri sendiri. Jangan berusaha mengubah dirimu hanya karena banyak orang yang tidak cocok denganmu. Lebih parah lagi saat kamu berusaha mengubah dirimu menjadi orang lain agar bisa diterima di dalam pergaulan tertentu. Percaya diri dan jujur pada dirimu sendiri itu sangat penting.

 

  1. Melatih pikiran positifmu
5. Perempuan Cerdas

via Pixabay.com

Kamu nggak perlu mengerahkan energi untuk hal- hal yang negatif karena itu hanya menguras emosi dan tenaga. Sia- sia dan merugikan dirimu sendiri. Latihkan dirimu untuk mengalihkan fokusmu ke kegiatan yang lebih positif.

 

  1. Yang orang lain pikirkan tentangmu itu bukan urusanmu
Perempuan cantik di antara baloon

via Pixabay

Setiap orang punya hak dan kebebasan untuk berpendapat. Jadi, mereka bisa berpikir apa saja tentang dirimu. Dan itu bukan urusanmu, tapi urusan mereka. Kamu nggak perlu repot- repot merevisi apa yang orang lain pikirkan tentangmu. Lebih baik kamu fokus pada dirimu sendiri saja.

Baca Ini Juga Ya :   Mengintip Kehidupan Tokoh Sukses Dunia Saat Masih Remaja. Bukti Kalau Sukses Memang Nggak Instant!

 

  1. Fokuslah meraih pencapaian yang lebih tinggi dalam hidupmu

Wanita cantik

Daripada pikiranmu sibuk memikirkan hal- hal yang menguras perasaanmu, lebih baik kamu menggunakannya untuk memikirkan mimpimu dan hal- hal yang ingin kamu capai dalam hidup. Cobalah untuk membuat target- target jangka pendek, menengah, dan panjang, dan bagaimana kamu ingin meraihnya.

 

Kepribadian itu banyak jenisnya. Tidak ada yang salah dengan menjadi seorang introvert. Rangkullah kepribadianmu dan manfaatkan apa yang kamu miliki untuk menjadi orang yang berkepribadian baik.

Selamat mencoba ya!

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like