Type to search

Trending

7 Kasus Malapraktik Paling Mengerikan yang Terjadi Dalam Dunia Medis

7 Kasus Malapraktik Paling Mengerikan yang Pernah Terjadi Dalam Dunia Medis

Saat dirawat di rumah sakit, tentu kita berharap agar dokter memberikan perawatan terbaik yang membawa pasien pada kesembuhan. Bagaimana tidak, kita sudah melakukan ikhtiar terbaik dengan meminta tindakan pengobatan kepada mereka yang memang ahlinya, bukan?

Sayangnya, seringkali harapan kita ini berbuah kekecewaan. Sama seperti manusia pada umumnya, dokter dan tim perawat juga mungkin berbuat kesalahan. Namun, bedanya dokter dengan profesi lain, kesalahan yang mereka buat bisa mempengaruhi keselamatan dan kesehatan orang lain. Merinding, kan?

 

Malapraktik Paling Buruk Dalam Dunia Medis

Kesalahan dalam penanganan medis sering disebut dengan istilah malapraktik. Malapraktik ini bisa terjadi dimana saja, baik di luar negeri, maupun di Indonesia. Kasus malapraktik ini sering terjadi saat pasien ditangani oleh dokter atau tim perawat yang ceroboh. Bahkan ada juga dalam beberapa kasus dimana pasien sebenarnya ditangani oleh dokter abal- abal yang kredibilitasnya diragukan.

Baca Ini Juga Ya :   Sepi Penumpang, Driver Ojek Online di Lombok ini Rela Bawa 90 Durian dari Order Offline

Dilansir Geet Aditya dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa kasus malapraktik mengerikan yang pernah terjadi dari berbagai belahan dunia :

  1. Berniat implant otot dada, yagn diperoleh malah payudara wanita

Kasus malpraktik Alexander Baez

Baez adalah sosok pria yang pernah menjadi “Mr Mexico” dan runner-up di gelaran ‘Mr. Universe’. Ia melakukan implant otot dada pada tahun 1999. Sayangnya, proses implant ini tidak berjalan sesuai harapan. Bukannya mendaptakan otot dada, pria ini justru mendapatkan payudara wanita berukuran C-cup. Dokter yang bertanggung jawab dalam proses operasi ini adalah Reinaldo Silvestre.

 

  1. Bius yang tidak berfungsi dan musik disko selama operasi

Kasus malpraktik Carol Weiherer , bius yang tidak berfungsi

Saat menjalani operasi pengangkatan mata kanannya, Carol Weiherer justru merasakan hal aneh terjadi pada dirinya. Bius tidurnya tidak berfungsi dengan baik, dan ini membuat Carol terbangun di tengah operasi. Ia sadar saat matanya diangkat dan mengaku jika dokter menikmati musik disko selama operasi dijalankan.

 

  1. Alat bedah tertinggal di dalam tubuh
Baca Ini Juga Ya :   Ini Keren Banget! Lihat Bacaan Plangnya, Dokter Hebat Ini Menuai Pujian Dari Seantero Indonesia

7 Kasus Malapraktik Paling Mengerikan yang Pernah Terjadi Dalam Dunia Medis

Saat menjalani operasi pembedahan, Daryoush Mazarei tak pernah membayangkan bahwa sebuah alat bedah berupa gunting tertinggal di dalam tubuhnya. Kesalahan fatal ini tentu sangat berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi seperti pendarahan internal dan infeksi. Parahnya lagi, sekitar 1500 laporan kasus serupa terjadi setiap tahunnya di Amerika Serikat.

  1. Transplantasi organ dari golongan darah yang salah

Jesica Santillan meninggal usai mendapatkan transplantasi organ yang salah

Seorang gadis 17 tahun bernama Jesica Santillan meninggal dunia usai menerima transplantasi jantung. Hal ini terjadi lantaran golongan darah Jesica adalah O, tapi ia justru menerima organ dari orang bergolongan darah A yang tentu saja tidak boleh dilakukan. Kasus yang awalnya disembunyikan oleh pihak rumah sakit ini pun akhirnya bocor dan tersebar luas.

 

  1. Ginjal baik diangkat, ginjal rusak malah ditinggalkan
Kesalahan fatal dalam pengangkatan ginjal Graham Reeves

via verywellhealth.com

Seorang pria bernama Graham Reeves of Wales mengalami nasib nahas saat melakukan operasi pengangkatan ginjal pada tahun 2000. Saat operasi dilakukan, dokter justru mengangkat ginjal yang bagus dari pria berusia 70 tahun ini, sedangkan ginjal yang rusak malah tetap ditinggalkan.

Baca Ini Juga Ya :   Kedai Mie Ayam Asal Surabaya ini Punya Konsep Paling Gila! Bikin Gagal Fokus Makan Ditemani Jandi Cantik dan Seksi

 

  1. Kehilangan kaki karena kesalahan prosedur amputasi
Terpaksa kehilangan kaki karena salah amputasi

via odee.com

Seorang pasien berusia 52 tahun bernama Willie King harus kehilangan satu kakinya yang masih sehat akibat kesalahan prosedur amputasi yang terjadi pada Februari 1995. Kasus ini berawal dari seorang perawat yagn salah dalam membuat laporan dan dokter tidak melakukan pengecekan ulang terhadap laporan tersebut.

 

  1. Salah membuang testis yang masih sehat
Benjamin Houghton kehilangan testis karena kesalahan operasi

healthline.com

Awalnya Benjamin Houghton mengeluhkan sakit dan kurangnya mentalitas dari testis sebelah kirinya. Dokter pun memutuskan untuk menjadwalkan operasi untuk membuat testis sebelah kirim karena dikhawatirkan akan berakibat kanker. Mirisnya, dokter beda melakukan kesalahan prosedur dengan membuat testis sebelah kanan dari seorang veteran Air Force berusia 47 tahun ini. Padahal, testis sebelah kanan adalah yang kondisinya sehat- sehat saja.

 

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like