Type to search

Self-Improvement

Unfaedah Banget, Ini 6 Kebiasaan Buruk di Medsos yang Perlu Kamu Hilangkan

Berlebihan bermain sosmed

Sulit rasanya memisahkan kehidupan modern kita ini dengan media sosial. Karena dianggap penting demi komunikasi dan eksistensi, bahkan tidak sedikit orang yang mempunyai lebih dari satu akun di beberapa platform media sosial.

Yang sering menjadi masalah, medsos ini kerap dijadikan sebagai media untuk pelampiasan kita sehari- hari. Sehingga tidak jarang ada stigma negatif tentang aktifitas media sosial. Padahal, baik atau tidaknya, tentu bukan tergantung dari medsosnya, melainkan penggunanya. Apakah kamu sudah memanfaatkannya dengan sebaik- baiknya?

 

6 Kebiasaan Buruk Saat di Media Sosial

Memanfaatkan media sosial dengan baik berarti mengurangi kebiasan buruk dan nggak bermanfaat di platform tersebut. Biar waktumu nggak terbuang percuma, berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang perlu kamu tinggalkan saat bermain media sosial :

  1. Memposting sesuatu saat kamu sedang marah

Wanita cantik bermain smartphone di cafe

Media sosial sering digunakan sebagai tempat pelampiasan saat emosi kita sedang memuncak. Padahal saat sedang dalam kondisi marah, emosi dan pikiran kita sedang berada dalam kondisi kurang jernih.

Baca Ini Juga Ya :   Sering Nggak Disadari, Ini Dia 6 Kesalahan Paling Sering Orang Indonesia Saat Bicara Bahasa Inggris

Akibatnya apa? Kamu mungkin memposting kalimat- kalimat yang akhirnya kamu sesali setelahnya. Jika ingin hal ini tidak terjadi lagi, cobalah untuk tidak memposting apapun di medsos saat kamu sedang dilanda emosi.

 

  1. Kamu suka mengeluh di media sosial

Wanita cantik sedih

Mengeluh, baik dilakukan di dunia nyata atau dunia maya sama saja tidak membawa manfaat untuk diri kita dan orang lain. Sebaliknya, itu bisa mengganggu orang- orang yang berada dalam circle medsosmu. Jika memang kamu punya keluhan, lebih baik curhat secara personal dengan sahabatmu. Namun yang terpenting, belajarlah untuk tidak mudah mengeluh dalam banyak hal.

 

  1. Memposting dalam jumlah terlalu banyak dalam satu waktu

Hidup terasa tidak lengkap tanpa smartphone

Memang sih itu akun medsos milikmu, namun kamu perlu memikirkan juga kenyamanan orang lain yang berada dalam lingkup media sosialmu. Memposting terlalu banyak akan mengganggu pengguna lain yang sedang berselancar di platform tersebut. Bisa- bisa mereka yang menjadi temanmua di media sosial akan unfollow karena merasa tidak nyaman dengan postinganmu yang terasa seperti spam.

Baca Ini Juga Ya :   Buat Kamu yang Ingin Jadi Cewek Penuh Percaya Diri, Cobalah 10 Trik Jenius Ini

 

  1. Kecanduan media sosial sampai lupa dengan kewajiban dunia nyata

Saat kamu tidak bisa lepas dari smartphone

Nggak ada yang salah kok dengan bersosmed ria. Yang salah adalah saat kamu bermain media sosial sampai lupa dengan kewajibanmu di dunia nyata. Jangankan tugas kuliah, sholat dan makan siang sering kamu lewatkan di media sosial. Kalau sudah seperti ini, jelas berselancar dengan media sosialmu sudah kebablasan. Cobalah untuk lebih bijak lagi dalam mengatur jadwalmu dan jangan sampai mengabaikan kewajibanmu demi media sosial.

 

  1. Gampang termakan hoax

Anak- anak muda kecanduan smartphone

Hayoo, apakah kamu termasuk orang yang gampang tertipu dengan ramainya berita palsu di internet? Di media sosial, hoax ini memang tumbuh dengan sangat subur. Nah, agar kamu nggak mudah menjadi korban berita hoax, cobalah untuk selalu cek kebenaran informasi yang kamu dapatkan di media sosial. Dengan begitu, kamu akan lebih bijak dan tidak mudah diprovokasi orang lain saat menerima informasi baru.

Baca Ini Juga Ya :   Ingin Meraih Sukses? Kamu Bisa Meniru 12 Kebiasaan Orang Sukses Ini

 

 

  1. Sering ikut debat kusir nggak penting di media sosial
4. Cewek smart menghindari debat kusir di media sosial

via TVLine

Apalagi soal politik, rasanya sia- sia deh kalau kamu terlibat perdebatan kusir antara si A dan B. Nggak ada yang salah sih menjatuhkan pilihan politik pada tokoh tertentu, tapi kalau sampai membuat kamu anarkis, fanatik, dan terbawa ke dunia nyata untuk membenci orang yang beda pilihan denganmu, itu sudah melebihi batas.

Daripada untuk berdebat kusir, lebih baik kamu memanfaatkan waktu luangmu untuk melakukan lebih banyak hal positif dalam hidupmu. Mungkin kamu bisa melakukan hobi- hobimu atau mengejarkan skripsi yang nggak kelar- kelar.

Komentar

komentar