Type to search

Perlu Tahu

6 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Parah dengan Smartphone. Wajib Tahu Sebelum Kamu Rugi!

Anak- anak muda kecanduan smartphone

Smartphone memang menjadi bagian penting dalam kehidupan kita seheri- hari. Dengan smartphone, kita bukan hanya bisa berkirim pesan singkat melalui instant messaging, tapi juga menikmati fitur seru seperti pemutar musik, kamera, belanja online, dan media sosial. Dengan smartphone, hidup rasanya menjadi semakin mudah, ya?

Sayangnya, karena kemudahan itu juga kita jadi terlalu manja dan sering kebablasan dalam menggunakannya. Sering tidak sadar, sebagian dari kita sudah menjadi pecandu parah gadget ini. Duuhhh… padahal kalau sudah masuk kategori kecanduan ini pasti identik dengan yang hal- hal yang tidak baik.

 

Tanda- Tanda Kecanduan Smartphone

Jadi, seperti apa tanda- tanda jika kamu sudah kecanduan parah dengan smartphone? Kamu bisa lihat dari ulasan berikut ini :

1. Bangun tidur bukan minum dulu atau baca doa, tapi langsung cari HP buat cek pesan dan akun sosmed.

Mainan HP sambil tidur

Inget nggak sih, dulu sebelum smartphone secanggih ini, kamu selalu membiasakan diri untuk minum atau termenung lebih dulu saat bangun tidur. Kata orang sih ini yang disebut dengan mengumpulkan nyawa alias kesadaran. Setelah termenung sejenak kamu akhirnya meluangkan waktu untuk mengerjakan rutinitas harianmu.

Baca Ini Juga Ya :   Kecanduan Main Gadget, Balita Menderita Penyakit Mata Serius Hingga Harus Diterapi 3 Jam Tiap Hari

Berbeda dengan yang kamu lakukan sekarang, dimana saat kamu bangun, kamu akan sibuk mencari tahu pesan yang masuk dan update terbaru yang dibagikan di media sosial. Bahkan mungkin saat kamu belum benar- benar sadar kamu mengkhawatirkan balasan chat dari dia, ada like atau komentar di postinganmu, dan hal sejenisnya. Yang pasti, smartphone akan menjadi hal pertama yang kamu cari saat mata kamu mulai terbuka.

 

2. Saat ngobrol dengan teman, kamu terus melirik HP tanpa bisa diam. Mata kamu sulit untuk fokus ke lawan bicaramu.
Anak- anak muda kecanduan smartphone

Coba deh ingat, berapa kali kamu sudah melakukan hal seperti ini? Bukannya memperhatikan lawan bicara, kamu justru sibuk memainkan HP sendiri. Tanpa kamu sadari, smartphone telah membatasi kemampuan bersosialmu. Kamu nggak lagi menikmati asyiknya berbincang dan bercanda dengan temanmu. Kamu bahkan cenderung masa bodoh dengan orang- orang di sekitarmu.

 

3. Saat berate smartphone mu akan habis, kamu panik mencari stop kontak, charger, atau power bank kemana- mana

Sendiri dan kesepianBuat kamu, smartphone itu segalanya. Kamu selalu berusaha untuk menjaga daya tahan baterai HPmu. Saat baterai tiba- tiba nge-drop dan lupa bawa powerbank, kamu akan panik kesana kemari buat mencari colokan charger. Dan kalau nggak ketemu, alamat kamu mendadak males, bad mood, dan nggak fokus.

Baca Ini Juga Ya :   Gokil! Pasangan ini Puasa 9 Tahun dan Makan dari Energi Panas Matahari

 

Padahal kalau dipikir- pikir, HP mati bukanlah akhir dari segalanya. Kamu masih bisa melakukan banyak hal sederhana, seperti mengamati sekelilingmu sambil mengasah imajinasimu. Ide menarik untuk dicoba, bukan?

 

4. Bahkan kamu juga nggak bisa lepas dari HP saat akan ke toilet. Bikin banyak orang sering gagal paham saat terjadi hal- hal yang nggak diinginkan.

Saat kamu tidak bisa lepas dari smartphone

Pernah dengar cerita orang yang HP nya rusak karena masuk ke bak kamar mandi? Kalau dipikir- pikir konyol sih ya, hehehe… Namun ternyata, hal ini sering terjadi pada orang- orang di sekitar kita, atau bahkan kita sendiri.

Alasannya sih macem- macem. Seperti biar bisa dengerin musik pas lagi mandi, atau biar nggak bengong pas lagi buang hajat. Padahal memang kamunya saja yang sudah terlanjur nggak bisa lepas dari smartphone.

 

  1. Saat HP ada di sekitarmu, kamu akan sulit berkosentrasi dalam hal apapun

Gadget memang dikenal menciptakan distraksi atau gangguan saat orang sedang melakukan suatu hal. Yang artinya, konsentrasi kita akan berkurang. Bahayanya jika distraksi ini datang di saat kita sedang berada di jalan. Kita bisa tersandung lalu jatuh, atau bahkan membahayakan orang lain. Kalau sudah gini siapa yang salah? Bukan HP nya.. tapi kita karena tidak fokus dengan apa yang kita kerjakan.

Baca Ini Juga Ya :   Gara- gara Main HP Sambil Tiduran, Gadis Ini Mengalami Hal Paling Mengerikan Dalam Hidupnya

 

  1. Rasanya hidup nggak akan lengkap kalau belum update status di media sosial atau di Story

Hidup terasa tidak lengkap tanpa smartphone

Mau sedih atau senang, sedang makan atau jalan- jalan, rasanya kurang afdhol kalau belum diabadikan di WA story atau diposting di Instagram. Dapat kado atau baru beli barang juga wajib dong cekrek- cekrek, upload. Kayanya sih apapun yang kamu alami memang wjaib banget untuk dibagikan di dunia maya.

Padahal, tidak semua hal perlu dibagikan di media sosial. Kita harus bijak untuk memastikan mana yang boleh dibagikan di media sosial, dan mana yang disimpan untuk diri sendiri karena berhubungan dengan privasi.

 

Kalau kamu sudah merasakan beberapa tanda ini dalam dirimu, ini saatnya untuk berubah. Gunakanlah smartphone mu dengan bijak. Jangan sampai menghabiskan seluruh waktumu hanya untuk sibuk dengan HP saja.

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like