Type to search

Self-Improvement

5 Hal Pentingnya Kesetaraan Gender untuk Wanita yang Harus Kamu Ketahui

Alasan pentingnya kesetaraan gender untuk wanita

Kesetaraan gender mungkin bukan hal yang asing lagi di era modern seperti sekarang. Kesetaraan gender ini adalah sebuah pandangan yang menyatakan bahwa  setiap orang harus diperlakukan sama, tanpa memandang kontrak alamiah itu sendiri. Saat ini, semakin banyak kaum- kaum wanita yang memperjuangkan keseteraan gender di luar sana.

Tujuan dari perjuangan para kaum wanita ini adalah agar tidak ada lagi yang mendiskriminasikan hak- hak wanita hanya karena pengaruh gender mereka. Sudah tidak jaman lagi berpikir wanita hanya bisa berada di dapur, sumur, dan kasur.

Sebagai bukti, kita kini sudah merasa tidak kaget jika wanita menjadi manager di sebuah perusahaan. Bukan hal aneh juga saat seorang perempuan sukses menjadi seorang pengusaha. Ternyata banyak wanita hebat yang bisa melakukannya, ya?

 

Pentingnya Kesetaraan Gender untuk Para Wanita

Kesetaraan gender bukan berarti wanita akan menjadi sok- sok an di mata pria. Kesetaraan gender bukan untuk membuat seorang wanita merasa pongah dan mengabaikan kewajibannya, serta kodratnya.

Baca Ini Juga Ya :   12 Foto Inovasi Alis Cewek yang Bikin Kamu Terheran- heran. Kreatif atau Aneh sih Menurutmu?

Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya kesetaraan gender untuk para kaum wanita :

1.      Menghapus semua jenis kekerasan dan pelecehan yang kerap dialami wanita

Sebagian besar dari korban kekerasan adalah wanita dan anak- anak. Wanita sering menjadi korban kekerasan karena dianggap lemah secara fisik dan emosional. Banyak pria yang beranggapan tidak bisa melawan perilaku kekerasan yang menimpanya.

Selain kekerasan, wanita juga identik dengan pelecehan seksual, baik itu di tempat umum, atau bahkan lingkup keluarga. Saat ini banyak negara sudah mengatur pelecehan seksual dalam Undang- Undang mereka. Tujuannya adalah untuk mengurangi angka pelecehan itu sendiri.

 

2.      Menghilangkan semua jenis diskriminasi yang kerap terjadi di dunia kerja

Diskriminasi sering terjadi antara pria dan wanita, terutama dalam dunia kerja. Wanita sering hanya ditempatkan pada posisi pekerjaan yang ringan dan rendah saja dibandingkan dengan pria. Padahal baik pria maupun wanita bisa saja mempunyai keahlian, pengetahuan, dan pengalaman yang sama saat mereka ditempatkan di posisi yang sama.

Baca Ini Juga Ya :   10 Pekerjaan Mudah yang Diganjar Gaji Besar, Siapa Tahu Salah Satunya Termasuk Passionmu!

Dengan memperjuangkan kesetaraan gender, kini ada banyak wanita- wanita di luar sana yang tidak lagi diberlakukan secara diskriminatif dalam pekerjaan.

 

3.      Mendapatkan hak atas kepemilikian suatu benda

Hukum yang berlaku di Indonesia pada dsarnya memberlakukan sama antara pria dan wanita dalam hal kepemilikan suatu benda. Meski begitu, masih ada beberapa hal yang membedakan antara wanita dan pria dalam hal ini. Misalnya dalam kasus pasangan suami istri, dimana suami berhak untuk mempunyai nomor pajak pribadi, sedangkan istri harus dimasukkan nomor pajaknya pada catatan suami. Di beberapa negara lain, hak atas kepemilikan suatu benda juga masih memperlihatkan diskiriminasi antara pria dan wanita.

Orang- orang cerdas cenderung mempunyai sedikit teman

4.      Mengenyam pendidikan yang sama tinggi dengan pria

Dulu, hanyalah pria yang berhak untuk menikmati Pendidikan tertinggi. Banyak wanita yang dianggap tidak perlu sekolah tinggi- tinggi karena pada akhirnya mereka akan mengurus rumah tangga.

Baca Ini Juga Ya :   Setia pada kekasihnya saat tidak punya apa- apa, Gadis ini mendapatkan balasan manis yang tak terlupakan

Tentu saja pemikiran ini sudah usang dan tidak relevan lagi dengan perubahan zaman. Kini ada banyak wanita yang mempunyai Pendidikan diri karena semakin tingginya kesadaran Pendidikan untuk membimbing anak menjadi generasi yang pintar. Hal ini karena kecerdasan dari seorang ibu akan menurun pada anaknya secara dominan dibanding dari Ayah.

 

5.      Mempunyai kebebasan untuk berpartisipasi dalam kehidupan berpolitik, sosial, dan ekonomi

Saat hak wanita untuk mendapatkan pendidikan tertinggi berhasil diperjuangkan, maka haknya untuk berpolitik dan menikmati karir hebat lainnya pun semakin terbuka lebar. Kesetaraan gender membuka kebebasan wanita untuk menikmati hak berdemokrasi dan mengambil andil dalam bidang politik, sosial, dan ekonomi.

 

Melihat besarnya menfaat kesetaraan gender untuk wanita, kini sudah nggak jaman lagi untuk para wanita bermalas- malasan. Saat hak mu sudah diperjuangkan, bekalilah dirimu dengan ilmu dan kemandirian.

 

Komentar

komentar

Tags: