Type to search

Hubungan

6 Keuntungan Jadi Anak Tengah yang Kadang Tak Kamu Sadari Kalau Tak Sering Direnungkan Sendiri

Keuntungan menjadi anak tengah

Pernah nggak sih kamu mendengar tentang Middle Child Syndrome? Middle Child Syndrome adalah sindrom dimana sang anak tengah merasa dikucilkan. Memang sih ya, menjadi anak tengah sering dihadapkan dengan berbagai masalah pelik. Dan yang menyebalkan, karena sang anak tengah posisinya terhimpit oleh kakak dan adiknya, maka seringkali perhatian yang mereka dapatkan menjadi lebih terbatas. Anak tengah sendiri sering dikaitkan dengan perilaku keras dan kurang perhatian.

Namun, sosok anak tengah nggak melulu jadi sosok yang perlu dikasihani kok. Karena ternyata ada banyak keuntungan yang didapatkan saat kamu menjadi anak tengah. Faktanya, anak tengah nggak selalu menjadi anak yang terabaikan, agresif, atau justru ‘troublemaker’ dalam keluarga. Saat kamu pintar memanfaatkan posisi sebagai anak tengah, maka kamu bisa menjadi sosok yang paling cemerlang dalam keluarga.

Biar kamu makin yakin, coba deh renungkan 6 keuntungan berikut ini saat kamu menjadi anak tengah :

1. Menjadi anak tengah telah mengajarkanmu menjadi pemain tim yang baik. Ini karena kamu sudah terbiasa bernegosiasi dengan kakak atau adikmu

keluarga,family,orang tua

Ilustrasi Gambar: Pixabay

Dalam posisi ‘terhimpit’, sejak kecil kamu telah dihadapkan dengan kondisi dimana kamu harus bisa berbagi dengan sang adik atau menghargai kakak yang lebih tua. Kamu tahu kapan hadi sosok yang membantu atau membatasi diri demi kedamaian dalam keluargamu.

Baca Ini Juga Ya :   8 Alasan Kenapa Cowok Bungsu adalah Suami Idaman

 

2. Sering terabaikan justru membuatmu menjadi sosok yang jauh lebih mandiri.
Wanita cantik dan mandiri

Jadi tangguh dan mandiri itu keren. Dan anak tengah menjadi sosok yang mandiri seringkali karena ia merasa terabaikan. Meski menyebalkan, ini mendorong kamu berusaha untuk membuktikan kalau kamu bisa melakukannya sendiri. Kamu jarang banget bergantung pada orang lain, apalagi pada saudara atau orangtua.

 

3. Kamu lebih mudah menata fokus dengan passion dan gol hidupmu. Nggak ada lagi tekanan berarti, tak ada lagi kungkungan yang mengikuti

5. Percaya Nggak sih, Liburan itu Baru Direncanakan Aja, Udah Langsung Bikin Happy

Banyak yang mengeluhkan betapa mereka haus perhatian karena mendapatkan posisi di tengah- tengah. Namun sisi positifnya, orangtua jadi nggak akan terlalu menekanmu dan meletakkan harapan atau tanggung jawab berlebihan yang justru bisa mengekangmu.  Percaya deh, menjadi kakak yang selalu diharapkan menjadi teladan terbaik atau adik yang selalu dibatasi dan dijaga berlebihan itu menyebalkan. Jadi, pasti kamu akan lebih bahagia karena punya banyak kesempatan untuk mengeksplorasi hidupmu.

Baca Ini Juga Ya :   5 Kalimat yang Terdengar Menyebalkan buat Cewek. Kalau Keceplosan, Resiko Tanggung Sendiri

 

4. Kamu mempunyai rasa empati yang kuat karena tumbuh menjadi anak tengah seringkali membuatmu lebih peka dalam mencari keadilan

boss,karyawan,kantor,bekerja

Ilustrasi Gambar: Forbes

Kamu akan lebih mudah bersimpati pada orang lain karena tumbuh mencari keadilan dan kasih sayang orangtua. Selain itu, kamu juga lebih sensitif terhadap keadaan orang lain dan paling tahu cara memperlakukan orang lain.

 

5. Kamu menjadi sosok yang tangguh dan pekerja keras karena sejak kecil ditempa untuk terus berjuang daripada yang lain

Cewek pemberani bikin cowok tergila- gila

Kita tidak bisa menyangkal kasih sayang orangtua pada anak- anaknya. Namun, kita juga harus mengakui kalau orangtua punya sumber daya yang terbatas, baik secara materil, maupun tenaga dan waktu. Secara tidak langsung, kamu diharapkan untuk bisa lebih pengertian dalam membantu pekerjaan rumah tangga dan berhemat karena banyak kebutuhan anggota keluarga lain yang mendesak untuk dipenuhi.

Mungkin hal ini sulit kamu pahami saat kamu belum cukup dewasa. Namun saat kamu sudah siap, kamu akan menyadari bahwa hal ini justru menempamu menjadi sosok yang pekerja keras, serba bisa, dan Tangguh.

Baca Ini Juga Ya :   Bikin Mewek.. Ini Lho 17 Tanda Kasih Sayang Ibu yang Jarang Kamu Sadari

 

6. Yang paling asyik menjadi anak tengah adalah kamu punya kakak dan adik. Meski nggak selalu bikin kamu happy, tapi kelak kamu akan menyadari bahwa mereka akan menjadi backup-an terbaik dalam hidupmu

Sahabat, Double Date

Masa kecil dan remaja mu mungkin terasa membosankan karena kehadiran mereka. Namun di sisi lain, kehadiran mereka akan menciptakan masa kecil dan remaja yang penuh dengan kenangan indah. Kalau di masa- masa itu kalian sering bertengkar dan saling jealous karena satu dan lain hal, maka di usia dewasa kalian akan saling kangen dan semakin sayang satu sama lain. Nggak ada yang bisa menggantikan keindahan persaudaran kalian.

 

Menjadi anak sulung, tengah, atau bungsu, masing- masing punya kekurangan dan kelebihan masing- masing. Jangan berkecil hati saat kamu terabiakan karena perhatian orangtua terbagi untuk adik dan kakakmu. Kamu bisa meluangkan lebih banyak ruang untuk mengoptimalkan potensi kamu ke hal- hal yang kamu sukai. Sudah nggak jaman ya suka mengeluh dan mencari perhatian. Yuk lebih fokus ke hal- hal yang lebih positifi saja!

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like