Type to search

Inspiratif Trending

Kisah Suparniyati, Putri Penjual Tempe yang Meraih Medali Emas di Asian Para Games 2018

Kisah Suparniyati, Putri Penjual Tempe yang Meraih Medali Emas

Kontingen Asian Para Games 2018 Indonesia mulai terus mendulang medali emas. Salah satu emas disumbang oleh gadis kelahiran Riau, 18 Agustus 1993, Suparniyati, dari cabang tolak peluru.

Untuk Suparni, ini adalah pencapaian yang sangat istimewa mengingat ini adalah pertamakalinya ia mengikuti ajang Asian Para Games. Dan di Para Asian Games pertama nya ini, ia langusng mendulang emas. Keberhasilan ini pun turut memompa semangatnya untuk mengikuti Paralimpiade di Tokyo 2020 mendatang.

 

Suparniyati Memecah Rekor Asia

Pencapaian istimwa Suparni bukan hanya menyumbang emas untuk Indonesia. Namun, Suparni juga berhasil memecahkan rekor Asia dengan mencatatkan lemparan sejauh 11.03 meter.

Baca Ini Juga Ya :   Salut! Demi Bungkus Helm Agar Tak Basah, Juru Parkir ini Rela Hujan- Hujan

Rekor ini sekaligus menggeser rekor Asia milik atlet Malaysia atas nama Nursuhana binti Ramlan yang dibuat pada 2012 sejauh 10.71 meter dalam Paraliampiade London 2012.

Suparniyati sendiri menjadi atlet tolak peluru kategori F20, yaitu atlet dengan keterbatasan kecerdasan atau IQ. Umumnya, peserta kategori ini adalah mereka yang mempunyai IQ di bawah 75. Meski begitu, ajang Asian Para Games 2018 telah menjadi ajang pembuktian atas prestasinya di bidang lain.

 

Tidak Minder Menjadi Anak Penjual Tempe

Suparniyati telah belajar tolak peluru sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Meski ia dikenal sebagai anak penjual tempe, hal ini tak membuatnya minder dalam mengejar cita- citanya.

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Sampai Ketinggalan, Ini Wajah Baru Uang Rupiah Kertas dan Logam

Suparniyati dilatih oleh Jasman, yang merupakan pelatih sekaligus ayah angkatnya sejak masih SD. Menurutnya, ayah angkatnya telah melatihnya dengan sungguh- sungguh sehingga ia terus bersemangat dan termotivasi.

Prestasi yang ditorehkan Suparniyati l ini mendapatkan apresiasi dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Ia pun membagikan poster kemenangan Suparni dalam akun Instagram pribadi.

“Yessssss, Emas ke-2 dari Tim Indonesia di #asianparagames2018 ini dipersembahkan oleh Mba Suparniyati “Nahwari” 🙂 dari cabang olahraga atletik di Nomor Tolak Peluru . Ayo Indonesia, Indonesia Juara ! -IN,” tulis beliau.

Komentar

komentar

Tags: