Type to search

Trending

Bikin Ketagihan! Kopi Indonesia Laku Rp 360 M di Pameran AS

Bikin Ketagihan! Kopi Indonesia Laku Rp 360 M di Pameran AS

Kopi Indonesia memang punya cita rasa khas yang menarik dan bikin banyak orang ketagihan. Bukan hanya untuk masyarakat lokal saja, namun juga sampai ke mancanegara. Gimana ceritanya sih?

Beberapa waktu lalu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil menembus pasar dunia untuk perdagangan kopi spesial. Hal ini terlihat dari rangkaian acara Global Coffee Specialty Expo yang digelar selama 3 hari di Boston, Amerika Serikat. Dalam perhelatan ini, Indonesia berhasil menembus transaksi sebesar US$ 26,3 juta atau senilai RP 360 miliar untuk kategori kopi spesial.

Di perhelatan ini Indonesia juga mengikuti kejuaraan World Brewers Champaionship dan World Barista Championship.

World Brewers Championship adalah kompetisi bergengsi yang memamerkan kerajinan dan keterampilan dalam menyaring kopi dengan tangan. Sedangkan World Barista Championship adalah kejuaraan Barista Dunia yang diselenggarakan oleh event kopi dunia setiap tahunnya. Dalam kedua event ini, kontestant datang dari seluruh dunia.

Menurut Hari Edi Soekirno, Atase Pertanian Washington, event kali ini diramaikan oleh 13 ribu pengunjung dari total 75 negara peserta. Indonesia sendiri mengirimkan 7 perwakilan, yang masing- masing berasal dari Gayo Bedetak Nusantara, CV Gayo Mandiri, PTPN XII, Meukat Komoditi Gayo, Santiang Exports, Tentera Coffee Roasters, dan masing Upnormal Coffee Roastery serta.

“Di sana, Attani beserta staf juga hadir dan berkolaborasi dengan pihak Atdag, ITPC dan KJRI. Kami melakukan berbagai kegiatan promosi komoditas kopi spesial kepada publik Amerika dan internasional,” ungkap Hari.

Global Coffee Specialty Expo di Boston, Amerika Serikat, 2019

Menurut Hari, secara global seluruh rangkaian acara ini berfokus pada kepedulian penggunaan moneter pada isu lingkungan hidup dan fair trade. Dalam pembahasannya, dikemukakan bahwa semua pihak perlu berinvestasi pada infrastruktur untuk mengembangkan sektor ekonomi sebuah negara.

“Inilah yang dinamakan tingkat investasi publik. Langkah ini tentu sangat membantu perekonomian masyarakat secara proporsional serta mampu meningkatkan kemampuan teknologi,” pungkasnya.

Disamping kompetisi brewing dan barista, mengetahui bahwa kopi Indonesia laku keras di festival ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Hal ini semakin mengukuhkan Indonesia sebagai salah satu negara produsen kopi ternikmat di dunia.

Jangan kaget jika di masa depan, kopi khas Indonesia akan menjadi komoditas yang semakin populer dan dicari pecinta kopi dunia.

Baca Ini Juga Ya :   Bakal Nyesel Kalau Belum Kesini, Ini Lho 6 Air Terjun Terindah di Indonesia!

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like