Type to search

Sehat dan Cantik

Agar Kulit Sehat dan Awet Muda, Hindari 5 Penyebab Utama Kulit Cepat Keriput Ini

Menua itu pasti. Waktu dan usia adalah dua hal yang tidak bisa kita kendalikan dan hentikan. Mau tidak mau, kita harus menerima fakta bahwa seiring bertambahnya usia, maka proses penuaan sedang terjadi dalam tubuh kita.

Meski begitu, ternyata tidak sedikit orang yang meski secara usia ternyata sudah tua, mereka terlihat masih segar, dan bugar. Bahkan wajah mereka pun seolah tidak mengalami perubahan yang berarti. Bahkan saat mereka disandingkan dengan orang yang seumuran, mereka seolah- olah berusia jauh lebih muda. Apa rahasianya?

 

Menghindari Penyebab Utama Kulit Cepat Keriput

Rahasia mereka yang tetap sehat, bugar, dan berwajah awet muda adalah karena pola hidup sehat. Hal ini tidak bisa dipungkiri. Untuk mereka, gaya hidup sehat sangat penting dan memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap kebugaran di fisik dan wajah mereka.

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Lagi Kantongi Dompet di Saku Celana Belakang. Resikonya Bikin Merinding!

Yang tak kalah pentingnya, jika ingin punya kulit awet muda dan tidak cepat keriput, cobalah untuk  menghindari lima penyebab utama kulit cepat keriput berikut ini :

1.      Merokok atau sering terpapar asap rokok

asap,rokok,merokok

Ilustrasi Gambar : Pixabay

Merokok bukan hanya menjadi biang kerok beberapa penyakit bebrahaya seperti resiko penyakit jantung, kanker, dan lain- lain, tapi juga membuat kulit menjadi cepat tua.

Seorang professor klinis dermatologi di Yale School of Medicine bernama Mona Gohara, MD, mengungkap, “mengerucutkan bibir Anda saat merokok, memicu munculnya garis-garis halus di sekitar mulut Anda. Di tambah radikal bebas pada rokok dapat menghilangkan kekenyalan kulit, membuatnya terlihat pucat, dan kasar.”

Dampak dari terlihat tua karena rokok ini biasanya tidak terlihat secara langsung, namun 5-10 tahun kemudian, tidak peduli berapapun usiamu saat ini.

 

2.      Bermain gadget sampai larut malam

Mainan HP sambil tidur

Banyak generasi milenial yang bermain gadget sampai larut malam, mengabaikan jam tidur, dan memaksa tubuh dan mata mereka untuk terus begadang. Kombinasi buruk ini akhirnya mengarah ke peningkatan kadar kortisol, hormone stress pro-inflamasi yang memberikan kontribusi pada lebih cepatnya muncul keriput. Padahal, regerenasi kulit kita terjadi saat kita beristirahat.

Baca Ini Juga Ya :   Wajib Tahu! Ini 5 Bahaya Seks Bebas untuk Perempuan

 

3.      Polusi udara

Macet di jalan

Study mengungkap bahwa mereka yang serign terpapar knalpot mobil dan polutan lingkungan lainnya akan terlihat lebih mudah mengalami keriput di usia 30 an.

Jika kamu sering berperang dengan polusi udara ini, cobalah mengimbanginya dengan rajin mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti sayuran hijau, buah berry, dan lemak ikan untuk membantu menetralisir radikal bebas.

Kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung anti-oksidan sperti serum vitamin C sebagai perlindungan kulit ganda.

 

4.      Terlalu banyak mengonsumsi gula

roti,makanan sehat

Terlalu banyak mengonsumsi gula adalah awal dari banyak penyakit, dan juga mengacaukan peremajaan kulit.

“Kulit adalah organ, dan gula tidak baik untuk organ apapun,” kata Gohara.

Baca Ini Juga Ya :   Tanda- Tanda Kulit Cepat Menua yang Wajib Kamu Perhatikan

Gohara menjelaskan bahwa gula bersama dengan karbohidrat tinggi dapat meningkatkan resiko peradangan kulit serta proses yang disebut dengan glikasi. Proses ini menciptakan molekul yang mengikat kolagen dan elastis, serta melemahkan mereka.

 

5.      Tidak menggunakan tabir surya

Berjemur di bawah paparan sinar matahari tanpa SPF bisa sangat berbahaya

Menurut Gohara, Sembilan puluh persen dari tanda- tanda penuaan dating akibat paparan sinar ultraviolet. Maka dari itu, penting untuk selalu menggunakan tabir surya kemanapun kita pergi.

Bahkan sekalipun kita hanya terkena paparan kecil sinar matahari yang tak merusak kulit, namun Anda membiarkan hal ini terjadi setiap hari tanpa perlindungan, kerusakan kecil dapat terakumulasi dan membuat kulit terlihat kering dan membentuk garis halus secara bertahap. Jadi, gunakanlah tabir surya setiap akan beraktifitas di luar ruangan.

 

Komentar

komentar

Tags: