Type to search

Kesehatan

Lemak vs Karbohidrat, Mana sih Yang Paling Berpotensi Bikin Gemuk?

Lemak vs Karbohidrat, Mana sih Yang Paling Berpotensi Bikin Gemuk

Duhh… berat badan naik lagi? Biasanya sih saat berat badan tiba- tiba naik kita selalu mengkambinghitamkan asupan makanan kita. Karbohidrat dan lemak adalah biangnya. Begitu pikir kita. Namun diantara dua hal ini, mana sih penyebab utama peningkatan berat badan kita?

Pada dasarnya sih dua zat tersebut sama- sama dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah cukup. Menurut dokter ahli penyakit dalam dan obesitas, Eric C Westman, konsumsi karbohidrat kita berkontribusi terhadap produksi insulin dalam tubuh. Insulin ini sendiri adalah zat aygn dibutuhkan tubuh untuk mengubah glukosam menjadi energi.

“Insulin adalah salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan berat badan. Semakin tinggi produksi insulin maka risiko menjadi gendut hingga obesitas juga makin besar,” kata Westman pada Indonesia International Low Carb Conference (IILCC), Sabtu (6/4/2019).

Baca Ini Juga Ya :   Bikin Ngiri, Banyak Makan Tapi Tetap Kurus?? Ini Penjelasan Medisnya..
makan,sandwich,kurus,banyak makan
Ilustrasi Gambar: She Knows

Karbohidrat ini sendiri sebenarnya berperan sebagi sumber energi utama dalam tubuh kita. Namun, saat konsumsi karbohidrat yang cukup besar tidak dibarengi dengan aktifitas yang cukup banyak, maka energi yang disimpan menjadi cadangan di dalam tubuh juga semakin besar. Kelebihan karbohidrat ini bukan hanya menyebabkan kegemukan, tapi juga meningkatkan resiko diabetes.

Tidak berbeda jauh dengan lemak, konsumsinya juga perlu dibarengi dengan aktifitas kita. Jika tidak, resiko kegemukan akan mengintai. Bedanya, lemak ini akan menjadi cadangan energi yang disimpan di bawah lapisan kulit.

Untuk menjaga kesehatan, konsumsi karbohidrat maupun lemak harus dilakukan sesuai kebutuhan demi menjaga kesehatan. Dan jangan lupa, tubuh kita juga harus rajin melakukan aktifitas agar lemak dan karbohidrat bukan hanya tersimpan di dalam tubuh kita, tapi juga terpakai sesuai porsinya.

Baca Ini Juga Ya :   Nahan Pipis itu Bahaya Banget untuk Ibu Hamil. Salah Satu Penyebab Terbesar Kematian Bayi

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like