Type to search

Kesehatan Perlu Tahu

Nggak Perlu Suntik Ini Itu, 7 Makanan Pembentuk Kolagen ini Akan Membuat Kulitmu Sehat dan Kencang

Makanan pembentuk kolagen

Familiar nggak sih dengan istilah kolagen? Buat cewek- cewek yang peduli dengan perawatan kulit, kolagen pasti menjadi salah satu kandungan yang diincar saat berburu skin care. Kolagen adalah protein utama yang penting untuk fondasi kulit, tulang, otot, dan jaringan ikat.

Dengan kolagen, tubuh dapat terikat kuat satu sama lain menjadi lebih terstruktur, kuat, dan elastis. Kolagen ini juga lah yang memulihkan sel- sel kulit mati, serta menjaga kekencangan kulit agar nggak mudah keriput. Pantesan bikin banyak orang kepincut!

Yang menjadi kendala, produksi kolagen alami di dalam tubuh kita akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia. Penipisan kolagen ini akan membuat kulit menjadi lebih rapuh, tipis, rambut berubah kusam, elastisitas otot berkurang, persendian kaku, dan keriput cepat bertambah.

 

7 Makanan yang Meningkatkan Produksi Kolagen dalam Tubuh

Menyadari hal ini, banyak orang yang rela melakukan suntik kolagen dengan biaya mahal dan melakukan berbagai macam perawatan demi mengembalikan kekenyalan kulitnya. Padahal, ada lho cara alami untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh kita. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasan Geet & Aditya berikut ini :

1. Ikan adalah jenis makanan dengan kandungan protein yang memicu pembentukan kolagen paling banyak

Ikan tuna & ikan salmon kaya nutrisi dan kolagen

Dibandingkan dengan kolagen dari sumber hewani lain, ikan mengandung jenis kolagen peptide yang mudah diserap tubuh karena ukuran molekulnya yang lebih kecil. Kolagen ini banyak terkandung di bagian kulit ikan.

Baca Ini Juga Ya :   6 Alasan Kenapa Cewek Pemberani ini Bikin Cowok Tergila- gila

Fungsinya bukan hanya mempertahankan kelenturan kulit saja, tapi juga meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mencegah inflamasi pada penderita osteoarthritis. Ikan dengan kandungan kolagen terbanyak adalah ikan salmon, tuna, dan makerel. Ayoo banyak- banyak makan ikan!

 

2. Sayuran berwarna merah kaya akan likopen dan antioksidan yang dapat mendongkrak produksi kolagen

Tomat, salah satu makanan kaya likopen

Sayuran berwarna merah seperti tomat, kubis merah, lobak merah, paprika merah, dan bahkan cabai mempunyai kandungan antioksidan likopen yang berfungsi meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Selain itu, pigmen merah pada sayuran juga mengandung antosianin yang dapat melindungi kulit dan merangsang pertumbuhan rambut.

 

3. Sayuran berwarna hijau gelap juga kaya akan antioksidan yang merangsang produksi kolagen

sayuran hijau,bayam

Sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kubis, kale, dan brokoli kaya akan vitamin A dan C yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, kandungan antioksidannya yang bagus juga memicu produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit, dan memerangi keriput. Kandungannya akan lebih baik saat diolah nggak terlalu matang. Mulai sekarang, rajin lah memasukkan daftar sayuran ini ke menu harianmu ya!

 

4. Kaldu ayam atau tulang sapi mengandung gelatin yang bagus banget sebagai asupan kolagen harian

Baca Ini Juga Ya :   Kenapa sih Google Tidak Suka Merekrut Lulusan Perguruan Tinggi Top? Ternyata Ini Alasannya….

Sup ayam dengan kaldu

Kaldu tulang diperoleh dengan cara merebus tulang dan jaringan ikat sapi atau ayam. Agar bisa mendapatkan ekstrak kolagen dan mineral dari gelatinnya, lakukan lah perebusan dalam waktu yang cukup lama hingga kaldu mengental.

Selain bisa meningkatkan kualitas kulit dan rambut, kolagen pada gelatin juga bisa memperkuat ikatan antar tulang, sendi, dan kuku. Gelatin yang asalnya dari protein hewani ini relatif mudah sekali dicerna tubuh. Jika memang memungkinkan, coba lah untuk selalu menambahkan tulang sapi atau ayam ke dalam masakanmu, ya!

 

5. Kedelai dan olahannya mengandung hormone genistein yang dapat menghambat penuaan kulit

Kedelai dan susu kedelai

Tahu nggak sih, mereka yang menjadi pecinta kacang- kacangan, terutama kedelai dan olahannya akan relatif awet muda. Ini karena kacang kedelai diyakini sebagai salah satu sumber kolagen yang baik karena kaya akan protein dan lisin. Selain itu, kedelai juga mengandung hormone tumbuhan genistein yang bisa meningkatkan kolagen dalam tubuh, menghambat penuaan, serta menguatkan kulit. Selain kedelai, sumber protein dan lisin yang lain juga bisa kamu temukan dalam kacang mete dan kacang tanah.

 

6. Putih telur mengandung glisina dan prolina yang merupakan sumber asam amino utama pembentuk kolagen di dalam kulit

1. Bayam tidak boleh dihangatkan kembali karena bisa melepaskan zat karsinogenik yang memicu kanker

Putih telur mengandung asam amino lisin dan prolin tinggi yang merupakan komponen utama pembentuk kolagen. Selain itu, putih telur juga kaya akan vitamin D dan lemak sehat yang bisa membuat kulit, tulang, dan otot lebih sehat. Untuk mengonsumsinya, putih telur bisa direbus, dikukus, dibuat omelet dengan sedikit minyak, atau mencampurnya dengan bahan lain untuk diminum.

Baca Ini Juga Ya :   Kamu Lahir di Bulan September? Kamu adalah Sosok yang Beruntung dan Bersinar

 

7. Buah- buahan dengan rasa asam seperti jeruk dan beri- berian juga bisa menjauhkanmu dari kerutan dan garis halus di kulit

buah,strawberry,camilan sehat

Ilustrasi Gambar: Pixabay

Banyak orang kurang menyukai buah asam seperti jeruk. Padahal buah itu kaya akan vitamin C yang mengubah asam amino lisina dan prolina menjadi kolagen. Beberapa manfaat vitamin C antara lain menetralkan radikal bebas yang seringkali merusak kolagen. Sedangkan kelompok beri- berian seperti strawberry, raspberry, blackberry, dan blueberry kaya akan anthocyanidins yang mempunyai fungsi sama dengan vitamin C pada jeruk- jerukan.

 

Selain usia, ada juga faktor lain yang dapat menguras kadar kolagen seperti paparan sinar UV, asap roko, dan konsumsi gula yang terlalu banyak. Penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit kita dengan sebaik- baiknya. Nggak perlu suntik ini itu dan melakukan perawatan mahal, yuk kita mulai dengan rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen di atas. Dengan begitu, kita akan punya kulit yang sehat, kencang, dan nggak mudah keriput.

 

Komentar

komentar

Tags: