Type to search

Sehat dan Cantik

5 Manfaat Super Cuka Apel untuk Kecantikan yang Belum Diketahui Banyak Orang

Mengenal manfaat penting cuka apel

Sebagian dari kita mungkin cukup familiar dengan cuka apel. Rata- rata cuka apel biasanya berwarna kuning kecokelatan dan bening. Namun ada juga yang berwarna keruh, atau yang bisa dikenal sebagai induk cuka. Bedanya, induk cuka adalah cuka apel yang tidak mengalami penyaringan lebih dulu, sehingga lebih kaya protein, enzim, dan bakteri baik.

Cuka apel ini sendiri dibuat melalui dua tahap fermentasi yang membuat cuka apel kaya akan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Buat kamu yang selalu tertarik mencoba bahan- bahan alami untuk membuat kulitmu tampil sehat dan cantik, cuka apel bisa menjadi salah satu ramuan ajaib yang bisa kamu coba. Penasaran apa saja manfaat cuka apel untuk kecantikan?

Menghilangkan Jerawat dan Memudarkan Bekasnya

Asam Cuka mengandung asam asetat yang dikenal ampuh dalam membasmi berbagai jenis bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat. Untuk menggunakannya sebagai obat jerawat, kamu cukup mengoleskan campuran cuka apel dan madu di bagian wajah yang terkena jerawat. Bukan hanya mempercepat proses penyembuhan jerawat, cuka apel sekaligus membantu memudarkan bekas jerawat di kulit.

Menyembuhkan Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

Cuka apel juga bisa mempercepat proses pemulihan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari atau sun burn. Caranya adalah dengan mengoleskan cuka apel yang sudah diencerkan ke wajah sambil dipijat- pijat secara lembut. Lakukan ini beberapa hari sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca Ini Juga Ya :   5 Lulur Alami Berbahan Kopi untuk Kulit Sehat dan Cantik

Menghaluskan Kulit Wajah

Cuka apel juga dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit. Kandungan alpha hydroxyl acid pada cuka apel membuat proses penggantian sel- sel kulit mati menjadi lebih optimal. Untuk mendapatkan manfaatkan ini, cobalah mencampurkan cuka apel ke dalam bathtub dan berendamlah dalam campuran air ini selama 15-20 menit. Lakukan secara teratur 2-4 kali seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

 

Mengontrol Minyak Berlebih di Wajah

Cuka apel mengandung senyawa astringen yang membantu melancarkan alirah darah ke kulit dan mengecilkan pori- pori sehingga bisa mengontrol minyak berlebihan pada wajah. Cuka apel juga membantu mengatur pH kulit yang membantu kulitmu terasa nyaman dan sehat.

 

Mengatasi Ketombe

Ketombe bukan hanya membuat tidak nyaman, tapi sekaligus menggangu penampilan kita. Jika selamat ini kamu frustasi karena berbagai shampoo yang kamu coba tidak memberikan hasil maksimal, cobalah mengatasinya dengan cuka apel. Cuka apel mempunyai kandungan antiseptic, enzim aktif, serta mallic acid yang bisa membuat pH kulit kepala menjadi seimbang.

 

Baca Ini Juga Ya :   Tidur Siang Satu Jam Setiap Hari Bisa Meningkatkan Memori Otak

Untuk membuat ramuan pembasmi ketombe, campurlah satu sendok the sari cuka apel degan segelas air. Lalu, sapukan ke kulit kepala dengan bantuan sisir, hingga merata ke seluruh bagian. Setelah 15 menit, bersihkan dan keramas seperti biasa.

 

Tertarik untuk mencoba? Yuk siapkan cuka apelnya lebih dulu 🙂

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like