Type to search

Perlu Tahu

Tak Harus Diminum, Melihat Kopi Ternyata Ampuh Hilangkan Ngantuk

Tak Harus Diminum, Melihat Kopi Ternyata Ampuh Hilangkan Ngantuk

Karena kandungan kafeinnya, mengonsumsi kafein dipercaya dapat membuat tubuh terjaga dan menghilangkan rasa kantuk. Itulah mengapa kopi menjadi salah satu minuman yang populer untuk disruput di pagi hari atau saat harus bekerja di malam hari. Namun, ternyata belum banyak yang tahu bahwa manfaat kopi untuk menyingkirkan rasa kantuk ini bisa diperoleh tanpa meminumnya.

Study terbaru pun mengungkap hal tersebut. Hanya dengan melihat secangkir kopi di pagi hari, ternyata sudah cukup untuk membuat tubuh terjaga. Selain itu, membayangkan sajian kopi tertentu seperti espresso atau latte, juga dapat membuat kesadara kita kembali.

Menurut study yang dimuat dalam Consciousness and Cognition, hal ini berkaitan dengan kepercayaan di Dunia Barat bahwa kopi berkhasiat membuat terjaga dan badan kita terasa lebih sigap.

Wanita cantik minum kopi

via Food Revolution Network

“Ada hubungan antara minum kopi dan gairah yang mungkin saja tak ditemukan di budaya lain di dunia,” ujar peneliti Sam Maglio.

Baca Ini Juga Ya :   Nggak Bisa Titip Absen Lagi, Universitas China Pakai AI untuk Cek Kehadiran

Dilansir dari laman New York Post, studi dari Universitas Toronto melibatkan ratusan orang berlatar belakang budaya Barat dan Timur. Mereka diberi tugas setelah lebih dulu ditunjukkan kopi teh.

Hasilnya, teh tidak mempunyai pengaruh sekuat kopi dalam membuat orang terjaga. Mereka yang membayangkan kopi dapat mengelola waktu dengan lebih efektif dan efisien, serta lebih mampu berpikir konkret.

Untuk individu yang tumbuh dalam lingkungan budaya Timur tidak menunjukkan kalau kopi mempunyai dampak yang luar biasa dibandingkan mereka yang dibesarkan dlaam lingkungan Barat.

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like