Type to search

Perlu Tahu

Penelitian Mengungkap Bahwa Orang yang Baik Cenderung Lebih Miskin

Penelitian Mengungkap Bahwa Orang yang Baik Cenderung Lebih Miskin

Banyak orang yang meyakini bahwa kita hidup bukan sekedar untuk bekerja dan makan. Lebih dari itu, kita harus menjadi orang yang baik dan berbagi manfaat untuk orang lain.

Namun, tahukah Anda kalau ternyata menjadi orang baik ada korelasinya dengna kekayaan? Sebuah study dilakukan oleh seorang peneliti Amerika Serikat yang meneliti hubungan antara kekayaan dan kepribadian seseorang.

Hasil dari penelitian yang dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology ini pun mengungkap bahwa orang baik cenderung mempunyai lebih sedikit tabungan, lebih berpotensi mengalami kebangkrutan, dan masalah keuangan lainnya.

DIlansir dari Scientific Amerika, penelitian ini sendiri dilakukan oleh Sandra Matz, seorang peneliti dari Columbia Business School, New York, Amerika, dan koleganya, Joe Gladstone. Sebagai data riset, Matz menggunakan kombinasi antara pertanyaan- pertanyaan keuangan dengan data bank untuk mengambil kesimpulan tersebut.

Baca Ini Juga Ya :   Ternyata Kayak Gini Tempat Tinggal Para Buruh di Hong Kong. Kos- Kosanmu yang Sederhana Malah Jauh Lebih Mewah

Matz dan Gladstone juga mengkombinasikan data perilaku jutaan orang di AS dan Inggris dengan data regional untuk mengetahui berapa banyak orang yang tidak bisa membayar hutang mereka sendiri.

 

Orang Baik Cenderung Mengalami Masalah Keuangan Rumit

Hasil riset mengungkap bahwa mereka yang mempunyai kepribadian baik berdasarkan tes perilaku mempunyai kemungkinan besar mengalami masalah keuangan yang rumit, terutama jika mereka memang berpendapatan rendah.

“Orang baik memiliki tabungan yang lebih rendah, mereka memiliki utang lebih banyak, dan mereka juga cenderung lebih mungkin mengalami kebangkrutan,” ungkap Matz kepada Scientific American.

Pecahan uang

Menurut Matz, salah satu faktor pendukung masalah keuangan orang- orang baik ini adalah karena mereka tidak begitu peduli pada uang. Mereka cenderung royal dalam membelanjakan uangnya, mentraktir orang, atau meminjamkan uang, bahkandi saat mereka tidak bisa melakukannya.

Baca Ini Juga Ya :   Jika Ingin Anakmu Kelak Membumi dan Hebat, Membiarkan Dia Merantau adalah Cara Paling Tepat

Sulit Menolak Permintaan Bantuan dari Orang Lain

Menurutnya, royal tidak pada tempatnya dan memaksakan diri untuk tidak menolak permintaan orang lain ini lah yang sering menciptakan masalah keuangan untuk mereka yang sungguh- sungguh berkepribadian baik.

Bayangkan saja, dalam keadaan tidak mempunyai uang, orang baik ini bahkan tidak menolak permintaan pinjam uang dari orang lain. Mereka tidak sungkap untuk mencari pinjaman dari sumber lain untuk bisa memberikan bantuan pinjaman tersebut.

Matz sendiri menyarankan agar orang- orang baik ini bersedia mengubah pandangan mereka terhadap uang.

“Kita bisa memberikan nasihat kepada mereka agar peduli terhadap uang mereka bukan untuk mereka sendiri, mereka juga harus peduli terhadap uang mereka demi orang-orang yang mereka cintai,” kata Matz.

Baca Ini Juga Ya :   8 Aktor Hollywood yang Nggak Lulus SMA Tapi Justru Sukses di Dunia Akting

Seringkali orang baik ini lupa berhitung saat meminjamkan uangnya untuk orang lain bahwa ada kebutuhan lain untuk keluarganya sendiri yang belum terpenuhi.

“Jika mereka salah mengurus uang mereka, maka hal itu juga akan mempengaruhi semua orang yang mereka cintai,” pungkas Matz.

Komentar

komentar

Tags: