Type to search

Piknik Self-Improvement

Menyediakan Waktu Rutin ke Pantai Baik untuk Kesehatan Mental

Menyediakan Waktu Rutin ke Pantai Baik untuk Kesehatan Mental

Meluangkan waktu untuk menikmati alam terbuka bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga mental. Namun, diantara sekian banyak aktifitas di alam terbuka, meluangkan waktu rutin untuk bersenang- senang di pantai ternyata dapat memberikan manfaat yang luar biasa.

Saat menikmati ‘ruang biru’ di pantai, kamu akan merasakan ketenangan dan kedamaian yang luar biasa. Menurut ilmuwan, julukan ‘ruang biru’ itu diberikan karena di pantai orang dapat menikmati efek kombinasi antara bau dan suara air yang mendatangkan kebahagiaan di dalam otak kita.

 

Manfaat Jalan- jalan ke Pantai

Dikutip dari laman corespirit.com, menikmati ‘ruang biru’ pantai bisa membuat kondisi tubuh dan otak kita menjadi sangat nyaman, seperti sedang dihipnotis. Menurut sains, ini seperti sedang terjadi perubahan dalam cara otak bereaksi terhadap lingkungan sehingga membuat seseorang merasa bahagia, rileks, dan mendapatkan energinya kembali.

Baca Ini Juga Ya :   Gembok Mana yang Menurutmu Paling Aman? Jawabanmu Menunjukkan Kepribadianmu

Lebih lanjut, berikut ini adalah manfaat berjalan- jalan ke pantai yang bisa kita dapatkan :

1.      Jalan- jalan ke Pantai Bisa Mengurangi Stress

Manfaat jalan- jalan ke pantai

Sudah lama air dikenal sebagai salah satu obat alami untuk stress. Air dipenuhi dengan ion positif yang secara alami mempunyai kemmapuan untuk membuat kita merasa nyaman. Misalnya saat kita melompat untuk berenang, atau sekedar mencelupkan jari- jari kita ke dalam air, maka akan timbul perasaan rileks. Kondisi ini adalah salah satu penguat mood yang terjadi secara instan dan cepat.

 

2.      Jalan- jalan ke Pantai Bisa Membuat Kreatif

Banyak ilmuwan percaya bahwa solusi untuk menjernihkan kepala kita dari berbagai beban adalah pantai. Selain itu, menikmati refreshing di ruang biru ini juga membantu kita untuk menjernihkan kepala dan mendorong kita untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif. Sama seperti manfaat meditasi, suasana pantai memicu perasaan tenang yang membuat kita merasa lebih fresh dalam segala hal, dan menjadi lebih fokus.

Baca Ini Juga Ya :   Kalau Kamu Ingin Membuat Semua Orang Bahagia, Kamu akan Kecewa

 

3.      Jalan- jalan ke Pantai Bisa Mengurangi Depresi

Menikmati keindahan pantai bisa mengurangi depresi

Saat kamu diterpa banyak masalah dan nyaris depresi, pergilah ke pantai. Suara hipnotik dari ombak, dikombinasikan dengan pemandangan, udara, dan aroma pantai yang khas dapat menempatkan kita ke ruang meditasi. Pada akhirnya, kombinasi ini akan membantu kita dalam menjernihkan pikiran dan merefleksikan kehidupan kita dalam ‘rasa aman’ yang jauh dari kekacauan kehidupan kita sehari- hari.

 

4.      Mengubah Persepektif Kehidupan

Menyediakan Waktu Rutin ke Pantai Baik untuk Kesehatan Mental

Sering berinteraksi dengan pantai juga mengubah perspektif kita terhadap kehidupan. Kita akan menjadi pribadi yang lebih bahagia, tenang, dan bersyukur dengan apa yang kita miliki.

 

Kapan terakhir kali kamu main ke pantai? Yuk kemasi pakainmu dan ajak teman- temanmu jalan- jalan ke pantai..

Baca Ini Juga Ya :   Hati- hati! Gampang Marah adalah Salah Satu Gejala Depresi

 

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like