Type to search

Perlu Tahu

Hati- hati Berteman, Riset Ini Mengungkap Kalau Gemuk itu Bisa ‘Menular’

Menurut sebuah riset, gemuk itu menular

Jika kamu termasuk orang yang sangat memperhatikan menu makan sehat, tentu kombinasi protein, karbohidrat, dan lemak yang tepat sering kamu pertimbangkan masing- masing porsinya. Saat ke kantor misalnya, kamu akan mencoba membawa bekal makan siang rendha kalori. Selain sehat, kamu juga menjaga tubuh kamu agar tidak menggemuk.

Namun saat tiba di kantor, temanmu memesan pizza atau es krim, dan dengan spontanitasnya, mereka membujukmu untuk melahapnya bersama- sama. Mau nolak sih, tapi mungkin saja ada perasaan sungkan yang mampir di kepalamu.

Nah, pola seperti ini ternyata bukan hanya terjadi padamu saja. Kenyataannya, sebuah penelitian mengungkap kalau lingkaran sosialmu juga bertanggungjawab atas berat badanmu. Penelitian tersebut mengungkap bahwa obesitas dapat menyebar seperti sebuah penularan sosial. Nggak nyangka banget ya?

Baca Ini Juga Ya :   Suka Minta Saran Orang Lain Soal Hubunganmu? Ini 5 Alasan Mengapa Hal itu Tidak Perlu Dilakukan
makan,beraktifitas,bekerja

Ilustrasi Gambar: Whedan

Penelitian ini dilakukan oleh sekelompok peneliti dari University of Southern California dengan mempelajari perilaku sebanyak 1314 orang dewasa dan 1111 anak- anak.

“Penularan sosial dalam obesitas berarti jika lebih banyak orang di sekitarmu mengalami obesitas, maka itu dapat meningkatkan peluang kamu sendiri untuk menjadi gemuk,” ungkap salah seorang peneliti seperti dilansir dari Times of India.

“Secara tidak sadar, kamu dipengaruhi oleh apa yang dilakukan orang di sekitarmu. Jika kamu pindah ke komunitas di mana gaya hidup yang menetap adalah norma, kamu bergabung dengan itu. Ada pengaruh sosial,” lanjutnya.

Bukan itu saja, pengaruh dari porsi makanan cepat saji dan tidak sehat juga membuat orang mengalami kegemukan. Semua ini ternyata berkontribusi terhadap dampak obesitas secara keseluruhan pada populasi.

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Pernah Main- Main dengan 3 Zodiak Ini. Pembalasannya Bakal Lebih Sakit dari yang Kamu Duga!

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like