Type to search

Perlu Tahu

Riset Ilmiah : Semakin Cerdas Seseorang, Makin Sedikit Mempunyai Teman

Orang- orang cerdas cenderung mempunyai sedikit teman

Untuk mencerna informasi baru, kita semua dianjurkan untuk berteman agar bisa membangun komunikasi dan bertukar pikiran.Yang menarik, banyak ilmuwan yang akhirnya menemukan bahwa komunikasi dan bertukar pikiran tak sepenuhnya menjadi tolak ukur kebahagiaan. Sebagian dari mereka justru ragu dengan adanya kebutuhan komunikasi untuk merasa bahagia dan puas dengan hidup yang dimiliki.

 

Sebuah riset yang melibatkan 15 ribu orang usia 18-28 tahun yang berkomunikasi pada teman- temannya mengungkap beberapa kesimpulan. Yang menarik, kebutuhan berkomunikasi dan berteman ini ternyata ada kaitannya dengan kecerdasan seseorang.

 

1. Tiga kesimpulan utama dari riset ini ternyata cukup menarik

Bukan Kesepian, Ternyata Ini 5 Hal Paling Menyebalkan yang Dialami Para Jomblo

Psikolog Satoshi Kanazawa dari London School of Economics, dan Norman Li dari Universitas Manajemen Singapura mengungkapkan tiga hal utama dari hasil riset mereka.

Yang pertama, mereka yang hidup di lingkungan padat merasa tidak begitu bahagia.

Yang kedua, untuk merasa bahagia, banyak dari kita yang membutuhkan komunikasi konstan terhadap teman- teman dan orang- orang yang mempunyai pemikiran yang sama. Semakin intim dan berkualitas sebuah percakapan, maka akan semakin tinggi tingkat kebahagiaan.

Ketiga, mereka yang mempunyai kecerdasan tinggi cenderung mempunyai berbagai pengecualian untuk tidak membutuhkan teman.

 

Baca Ini Juga Ya :   Ini Buktinya Kalau ‘Oplas’ Nggak Seinstan yang Dibayangkan. Wanita ini Saja Harus Menderita Dulu selama 3 Bulan

2. Semakin tinggi level IQ seseorang, maka kebutuhannya untuk berkomunikasi dengan orang lain semakin berkurang

5 Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat Kerja di Ruangan ber- AC

Orang- orang cerdas cenderung merasa tidak puas dengan kehidupan mereka saat mereka terlalu aktif bersosialisasi. Mereka merasa tidak bahagia saat mereka menghabiskan sebagian waktu mereka untuk terlalu banyak berpesta.

 

3.Orang- orang cerdas biasanya mempunyai lingkaran pertemanan yang sempit

Resep jitu move on ala cowok

Otak orang- orang cerdas bekerja dengan cara yang berbeda dengan orang lain. Dan cara mereka berkomunikasi dengan orang lain juga akan mengalami perbedaan sehingga hanya orang- orang tertentu yang mau berteman dengan mereka.

 

4. Di sisi lain, mereka juga terjebak dengan penilaian orang lain. Banyak yang beranggapan mereka ini hanya hidup di dunia mereka sendiri dan tak mau bersosialisasi

22 Hal Aneh yang Sering Dialami oleh Mereka yang Berkepribadian Introvert

Untuk mereka dengan kecerdasan di atas rata- rata, aktifitas sosial rasanya adalah kegiatan yang jahat dan memaksa. Akhirnya, banyak dari mereka yang selalu menyendiri hingga hanya beberapa orang saja yang mau menerima mereka apa adanya sebagai teman.

 

Baca Ini Juga Ya :   Hebat! Ditolak 11 Kali di Indonesia, Siswa asal Yogya ini Malah Diundang Google

5. Orang cerdas cenderung akan tertarik pada hal- hal yang penting untuk mereka saja. Buat mereka, komunikasi adalah prioritas nomer sekian

Wanita cantik dan cerdas sedang membaca buku

Seorang ilmuan di Institusi Brooking yang merupakan seorang ahli ekonomi kebahagiaan, Carol Graham, menganggap bahwa orang- orang cerdas menggunakan waktu mereka untuk menciptakan target jangka panjang. Mereka berasumsi bahwa kebahagiaan dapat ditemukan dalam berbagai hal, dan berinteraksi dengan orang lain bukan termasuk salah satunya.

 

6. Mungkin karena menganggap bahwa komunikasi dalam pertemanan akan mendistraksi mereka dengan aktifitas utama mereka, yang artinya kebahagiaan mereka akan terganggu

Alasan mahasiswa telat datang ke kampus

Istilah ini disebut dengan “Savanna Theory of Happiness.” Yang artinya, manusia bukan hanya sekumpulan DNA dan gen yang hidup, namun juga tempat dari sekumpulan memori yang diwariskan turun temurun.

Sebagian dari leluhur kita merasa bahwa kebahagiaan tak hanya ditemukan dari teman- teman saja, melainkan juga melakukan berbagai hal yang kita sukai.

 

Baca Ini Juga Ya :   Meski Bersahabat, Kamu Tidak Harus Menyesuaikan Gaya Hidupmu dengan Gaya Hidup Sahabatmu. Ini Alasannya!

7. Meskipun orang- orang cerdas merasa tidak membutuhkan teman untuk bahagia, namun mereka juga tetap bisa membiarkan beberapa orang untuk masuk ke dalam hidup mereka

Ngobrol bersama teman

Meski begitu, orang dengan kecerdasan di atas rata- rata ini sebenarnya juga mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dan bersosialisasi. Namun, mereka bukanlah tipe orang yang bersusah- payah bersosialisasi hanya untuk dilihat dan dianggap penting. Mereka lebih suka hidup dengan aturan mereka sendiri tanpa harus beradaptasi dengan lingkungan tertentu.

Dengan kecerdasan yang dimilikinya, mereka memilih untuk menikmati kebebasan untuk tidak bergantung dengan orang lain sepanjang waktu, sehingga mereka bisa dengan mudah membuat target dalam hidup mereka.

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like