Type to search

Kesehatan

Jangan Tunggu Sampai Parah, Kenali 5 Tanda Stress di Kulit Wajah Ini

Stress bukan hanya memberi dampak negatif untuk kesehatan mental dan jiwa kita saja. Lebih jauh lagi, stress dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Saat seseorang stress, kulit, terutama wajah akan terlihat mengalami perubahan.

Hal ini terjadi lantaran hormon penyebab stress dapat meresap ke dalam kulit. Stress disini bukan hanya stress berat yang masuk kategori akut saja. Tapi juga stress karena rutinitas sehari- hari. Misalnya saja saat kita stress karena tugas kantor yang menumpuk atau jam kerja yang terlalu padat. Padahal, kita sering menganggap hal ini biasa saja dan lumrah terjadi.

 

Tanda- tanda Stress pada Wajah

Karena wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting untuk kita rawat, tentu kita tidak ingin efek stress mempengaruhi wajah kita dan memberi dampak jangka panjang. Maka dari itu, langkah awal adalah mengenali tanda- tanda stress yang terlihat di wajah kita terlebih dulu. Setelah mengenali tanda- tanda stress ini, barulah kita mencari solusi terbaik untuk mengatasinya..

Baca Ini Juga Ya :   Bikin Ngiri, Banyak Makan Tapi Tetap Kurus?? Ini Penjelasan Medisnya..

1.     Kulit Kering

Selfie vs Wajah di Cermin

Tanda paling mudah untuk melihat stress dalam diri kita adalah perubahan kulit menjadi kering. Hal ini terjadi karena hormone kortisol membuat kulit kita tidak bisa mempertahankan kelembabannya.

Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan mencuci wajah dengan air hangat. Salah satu manfaat air hangat adalah untuk menghilangkan minyak di wajah sehingga kulit menjadi tidak kering.

 

2.     Kerutan di Wajah

Kerutan di wajah wanita

Menua itu pasti. Namun, saat kita mengalami stress, hal ini dapat mempengaruhi otak kita sehingga proses penuaan menjadi lebih cepat kita alami. Efeknya, kita akan lebih mudah melihat garis kerutan di dahi, mulut, dan mata.

 

3.     Lingkatan Hitam di Bawah Mata

Salah satu tanda stress di wajah adalah munculnya lingkaran hitam di bawah mata

Salah satu penyebab munculnya mata panda adalah stress. Saat seseorang mengalami stress, mereka sering mengalami sulit tidur. Akibatnya, kulit di bawah mata mengendur dan terlihat bengkak.

Baca Ini Juga Ya :   Minum Kopi di Pagi Hari Cukup 30 Menit, Tapi Manfaatnya Luar Biasa!

Mata panda juga sering terjadi karena sirkulasi darah melambat sehingga pembuluh darah di bawah mata meluas. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan masker timun sebelum tidur atau menggunakan eye cream untuk mengurangi area gelap di bawah mata.

 

4.     Wajah Sering Terlihat Lelah

Wajah wanita sering terlihat lelah adalah salah satu tanda stress

Stress membuat produksi melanin dan kolagen sehat dalam kulit seseorang menjadi terganggu. Akibatnya, kulit akan terlihat kusam dan wajah sering tampak lelah dan tidak bercahaya alias pucat.

 

5.     Rambut Rontok

Rambut rontok adalah salah satu tanda stressSelain berdampak pada kulit, stress juga membuat rambut mengalami kerontokan secara tiba- tiba. Terutama saat seseorang mengalami stress berat, folikel rambut menjadi premature yang diikuti dengan kerontokan rambut.

Baca Ini Juga Ya :   7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan agar Inner Beauty mu Semakin Meningkat

 

Manfaat Deteksi Stress pada Kondisi Wajah

Bukan tanpa alasan kita perlu mengenali tanda- tanda stress pada wajah. Dengan mengenalinya sejak dini, kita menyadari bahwa stress, sekecil apapun porsinya, perlu diatasi. Kita mungkin bisa melakukan treatment ringan di tengah kesibukan harian yang menyita waktu kita untuk bersenang- senang dan beristirahat.

Cobalah untuk menikmati moment ‘Me Time’ di akhir pecan dengan cara memanjakan diri di salon, nonton bioskop, atau sekedar makan di restaurant favorit. Meski cara- cara ini terdengar sederhana, tapi ternyata cukup ampuh untuk membantumu terlepas dari stress.

Selamat mencoba!

 

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like