Type to search

Self-Improvement

Duh, 5 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu adalah Toxic Person di Media Sosial

Tanda bahwa kamu adalah seorang toxic person

Harus kita akui, media sosial memang menjadi salah satu media penting untuk menjalin komunikasi dan hubungan dengan sahabat dan teman. Kita bisa mengirimkan pesan, atau berbagi moment keseharian yang kita alami.

Sayangnya, di sisi lain, tidak sedikit orang yang memanfaatkan media sosial dengan cara yang benar. Bukannya memanfaatkan media sosial dengan benar, ada sekelompok orang yang justru menggunakan media sosial dengan cara yang salah.

Salah satunya adalah dengan menjadi toxic person alias racun di media sosial. Jumlah toxic person di media sosial ini ternyata juga tidak sedikit. Seringkali kita menemukan toxic person di berbagai kesempatan. Mulai dari kolom komentar di akun selebgram, selebriti, hingga akun gossip.

 

Ciri- ciri Toxic Person di Media Sosial

Orang- orang yang sering disebut dengan toxic person ini sudah pasti orang yang sangat menyebalkan di media sosial. Tentu saja kamu berharap bukan menjadi salah satunya, bukan? Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui ciri- ciri toxic person di media sosial untuk memastikan kamu menjauhi stempel negatif tersebut :

Baca Ini Juga Ya :   Buat Kamu yang Ingin Jadi Cewek Penuh Percaya Diri, Cobalah 10 Trik Jenius Ini

1. Kamu menghakimi orang yang nggak kamu kenal

Wanita cantik bermain smartphone di cafe

Hanya membaca sekilas komentar orang di media sosial atau melihat foto yang dibagikan, bukan berarti kamu mengenal dengan baik orang itu. Hal ini sering sekali dilakukan saat salah satu pengguna media sosial tidak sependapat dengan komentar salah satu pengguna lainnya.

Ada juga yang dengan gampangnya menyebut pengguna lain ‘bodoh’, atau ‘sombong’, Duhhh… padahal komentar di media sosial tidak selalu mencerminkan orang yang menulisnya. Dan yang namanya salah, itu hal yang wajar sekali terjadi. Daripada bilang bodoh, lebih baik mengoreksi dengan bahasa yang sopan.

 

2. Menghina fisik orang lain

wanita bekerja

Salah satu hal konyol yang sering dilakukan toxic person di media sosial adalah menghina fisik orang lain. Sepertinya sih orang ini lupa kalau fisik manusia itu ciptaan Tuhan Yang Maha Sempurna. Dan Tuhan ini nggak pernah membeda- bedakan makhluknya hanya karena fisiknya saja. Kalau kamu sampai menghina fisik orang, itu sama artinya dengan menghina ciptaan Tuhan.

Baca Ini Juga Ya :   5 Realita yang Harus Siap Kamu Hadapi Saat Melewati Usia 25 Tahun

3. Merasa pendapatmu paling benar dan berpikiran sempit

wanita,malas,kamar cewek,berantakan,single

via Seventeen

Nggak sedikit orang di media sosial yang merasa bahwa pendapatnya ini paling benar dan tidak boleh diganggu gugat. Sepertinya sih orang ini lupa kalau setiap orang bisa punya persepsi berbeda dalam melihat suatu hal. Hanya baru tahu sedikit dan membaca dari satu sumber, eh.. merasa paling tahu segalanya. Duhh…. Jangan ditiru yaa!

 

4. Sengaja membuat komentar menyakitkan dan kontroversial

Naik taksi duduk di belakang bisa dianggap sebagai tindakan tidak sopan

via: Shutterstock.com

Apapun alasannya, membuat komentar menyakitkan dan kontroversial bukanlah hal baik. Mungkin saja kamu menuliskannya hanya untuk sekedar iseng dan tidak menganggap ini sebagai hal serius. Namun, untuk orang lain, komentarmu bisa merusak mental dan pikiran mereka. Jika memang kamu sedang down dan ingin mencari pelampiasan, jelas ini bukan cara yang pantas untuk kamu gunakan.

Baca Ini Juga Ya :   7 Tips untuk Para Introvert agar Nggak Gampang Baper

 

5. Berpura- pura untuk membuat hidupmu terlihat wah dan bahagia

wanita cantik dan misteri jodoh terdekat

Ukuran kebahagiaan seseorang tidak diukur dari seberapa banyak hal baik dan menyenangkan yang kamu bagikan di media sosial. Jika memang kamu merasa tidak ada hal yang perlu diunggah, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri. Hindari berpura- pura atau memaksakan diri untuk membuat feed media sosialmu terlihat wah dan bahagia, padahal sebenarnya hidupmu jauh dari itu. Jadilah dirimu sendiri, dan jangan terlalu memaksakan diri.

 

Semoga saja postingan ini menginspirasimu untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial ya. Semoga bermanfaat!

 

 

Referensi : IDN Times

 

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like