Type to search

Sehat dan Cantik

Tidur Siang Satu Jam Setiap Hari Bisa Meningkatkan Memori Otak

TIdur siang satu jam sehari dapat meningkatkan memori otak

Menurut para ahli, meluangkan waktu untuk tidur siang selama satu jam sehari bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan memori otak. Penelitian ini didasarkan pada sebuah studi terkait pola tidur dari hampir 3000 orang dewasa China berusia 65 tahun dan lebih tua. Tujuannya adalah untuk mengetahui efek tidur siang untuk kesehatan mental mereka.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society ini menyebut hampir 60 persen dari kelompok ini meluangkan waktu tidur siang selama 30 hingga 90 menit setelah makan siang. Rata- rata waktu tidur mereka adalah sekitar 63 menit.

Setelah itu para peserta juga mengambil beberapa tes untuk menilai status mental mereka, menjawab pertanyaan sederhana tentang waktu (tanggal dan tahun), serta matematika dasar. Selain itu, mereka juga diminta untuk menghafal kata- kata dan gambar dari pola geometris.

Hasilnya, kelompok yang meluangkan waktu satu jam untuk tidur siang memperoleh hasil yang lebih baik dalam tes kesehatan mental, dibandingkan mereka yang tidak tidur siang. Kelompok ini juga menunjukkan memori yang lebih baik, sekaligus kemampuan untuk berpikir dengan cepat.

Lebih lanjut, peneliti ini mengungkap bahwa mereka yang terbiasa tidur siang selama satu jam akan mendapatkan manfaat hasil terbaik dibandingkan mereka yang tidur siang lebih pendek atau lebih panjang.

Tidak tidur siang atau tidur siang terlalu lama dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Mereka yang melakukan ini dapat mengalami penurunan kemampuan mental sebanyak empat hingga enam kali lebih besar dibandingkan mereka yang tidur siang satu jam.

Khusus untuk lansia, tidur siang membantu mereka untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas. Dalam studi ini, peserta yang melaporkan kurang tidur siang juga cenderung mempunyai waktu tidur malam yang kurang berkualitas.

Kini semakin tahu kan kalau tidur siang banyak manfaatnya? Bukan hanya untuk lansia dan anak- anak, namun juga untuk orang dewasa.

Baca Ini Juga Ya :   Kamu Wajib Tahu, Buah Kersen yang Nggak Dianggap Ini Ternyata Banyak Manfaatnya

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like