Type to search

Tips

Bingung Kenapa Uang Bulananmu Cepat Banget Habisnya? Coba Deh Atasi Dengan Cara Ini

Menghemat uang bulanan ala anak kos

Bijak dalam mengatur uang bulanan penting banget dilakukan untuk kamu yang tinggal merantau atau mahasiswa yang setia menunggu uang bulanan dari orangtua. Jangan sampai baru seminggu setelah dikirim, jatah uang yang seharusnya kamu pakai selama sebulan sudah habis duluan. Akhirnya kamu terpaksa ngutang sana ngutang sini dan bikin masalah untuk diri sendiri.

 

Tips Hemat Uang Bulanan

Mengatur uang bulanan sendiri bisa dibilang gampang- gampang susah. Kadang udah sih merasa hemat, tapi kok ya cepat lagi habisnya. Dimana salahnya ya??

Untuk mengobati kegalauan kamu, coba deh kita mencoba tips berhemat uang bulanan dengan beberapa cara ini :

  1. Pisahkan Uangmu Sesuai Pos Kebutuhan Bulanan

Pecahan uang

Apa saja yang termasuk kebutuhan bulanan? Misalnya saja uang kos, tagihan uang kuliah bulanan, dan biaya lain yang harus dibayar setiap bulannya. Biaya- biaya ini harus disisihkan di awal karena jumlahnya tidak sedikit dan biasanya nyaris menghabiskan sekian persen dari porsi uang bulanan. Jika tidak segera disisihkan, bisa- bisa uang ini terpakai untuk kebutuhan lainnya dan kita akan kelabakan saat tagihan harus dibayarkan.

Baca Ini Juga Ya :   Bukti Kalau Make Up itu Ngefek Banget, Foto Before-After 10 Cewek Ini Bikin Kamu Takjub Abis!

 

  1. Pisahkan Uang untuk Kebutuhan Pokok
target,keuangan

via Pixabay

Kebutuhan pokok untuk anak kos atau perantau antara lain sabun, shampoo, pasta gigi, parfum, detergen, dsb. Dengan menyisihkan uang untuk belanja bulanan di awal, maka persediaan barang untuk kebutuhan pokokmu di kos an akan aman. Jadi misalnya kamu tergoda untuk beli ini itu, setidaknya kebutuhan pokokmu dalam satu bulan sudah terpenuhi.

 

  1. Jatah untuk Beli Pulsa dan Kuota Internet Selama 1 Bulan

wanita bekerja

Pulsa dan internet bisa dibilang sebagai kebutuhan yang sangat penting untuk anak kos dan rantau. Dengan kedua hal ini, kamu tetap bisa menjalin komunikasi dengan lancar bersama keluarga tercinta, sahabat, atau pasangan LDR mu. Agar kamu nggak sampai kehabisan pulsa dan kuota internet, cobalah untuk membeli pulsa dan kuota internet yang cukup untuk kebutuhanmu selama satu bulan. Coba lah kam perkirakan agar pemakaiannya cukup dan nggak berlebihan. Mungkin saja kamu bisa mengakalinya dengan sering ‘berburu’ wifi gratis.

Baca Ini Juga Ya :   Tips Puasa Sehat yang Bisa Membantu Puasamu Terasa Lebih Ringan

 

  1. Kurangi Pengeluaran untuk Biaya Transportasi
pasangan,couple,relationship goal,love,cinta,hubungan

via Pixabay

Salah satu cara mengakali biaya transportasi adalah mencari tempat kos yang dekat dengan kantor atau kampus. Dengan begitu, kamu nggak perlu keluar biaya tambahan lagi untuk angkot atau kampus, tinggal jalan kaki sedikit, kamu sudah sampai ke tempat tujuan. Bisa juga mengakalinya dengan mengajak teman kos bersama. Lebih hemat karena ada banyak biaya yang bisa kamu bagi dua bersama 😊

 

  1. Nongkrong Boleh, Tapi Jangan Keseringan dan Menghabiskan Uang Bulanan

nongkrong bersama teman

Nongkrong bareng teman memang menyenangkan. Tapi di satu sisi, ini juga sering menjadi biangnya boros uang bulanan. Setiap kali hangout bareng teman, kamu bisa mengeluarkan uang mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Padahal tanggal di kalender baru berjalan satu minggu 🙁

Bukan berarti kamu nggak boleh hangout dengan teman- temanmu. Hangout sih oke, tapi kamu juga perlu berhitung berapa jatah uang yang bisa kamu gunakan untuk hangout. Jangan sampai kamu menderita selama dua minggu terakhir karena uang bulananmu habis untuk hangout.

Baca Ini Juga Ya :   Punya Teman Suka Ngaret? Biar Nggak Sebel, Coba Atasi Dengan Cara Ini

 

  1. Makan di Luar Setiap Hari? Padahal Kamu Bisa Berhemat Lebih dari Uang Makan

2. Masak nasi secukupnya saja, dan habiskan saat itu juga. Menghangatkannya kembali dapat menimbulkan spora

Salah satu masalah saat kos atau merantau adalah rasa malas untuk memasak makanan sendiri. Memang sih kalau dipikir- pikir lebih enak beli di luar, praktis dan bisa ganti- ganti menu. Tapi, kalau uang bulananmu terbatas dan kebutuhanmu banyak, cara ini nggak ideal buat diterusin.

Kamu bisa mengakali masalah yang satu ini kalau memang mau lho. Misalnya saja dengan masak nasi sendiri, dan lauk saja yang dibeli. Kalau kebetulan kamu kos bersama teman, seru juga sesekali masak bersama. Kalau memang lagi malas masak, coba deh makan di sekitar tempat kampus yang harganya murah meriah. Bisa lumayan hemat, kan?

Komentar

komentar

Tags: