Type to search

Perlu Tahu

Nggak Bisa Titip Absen Lagi, Universitas China Pakai AI untuk Cek Kehadiran

Universitas China dengan menggunakan sistem AI

Penggunaan kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligent) semakin familiar dalam kehidupan sehari- hari kita. Jika sebelumnya AI banyak digunakan untuk keperluan pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi dan internet, yang terbaru, AI akan digunakan untuk sistem aplikasi absensi mahasiswa.

Yang akan menggunakan teknologi AI untuk aplikasi absensi ini adalah Universitas Hangzhou Dianzi di China. Tujuannya adalah untuk mendeteksi mahasiswa yang tidak hadir dan mendorong mereka untuk masuk kelas. Dengan sistem ini, mahasiswa harus menghisi absensi di aplikasi menggunakan kode verifikasi yang akan dikirimkan ke ponsel mereka saat berada di dalam ruang kelas.

Jika AI mensinyalir ketidakhadiran mereka atau terlambat hadir, AI akan secara otomatis menelepon mereka, dan memberi peringatan yang berbunyi : “Halo, ini AI, asisten suara pintar dari konselor Hangzhou Dianzi University. Saya mendapati Anda tidak hadir di kelas hari ini.”

Baca Ini Juga Ya :   16 Jurusan ini Punya Gaji Pertama Paling Tinggi di Dunia

Selanjutnya mahasiswa dapat meresponse pesan tersebut yang jawabannya akan direkam dan ditranskrip untuk diteruskan ke staff universitas.

Seperti dikutip dari South China Morning Post, sistem baru ini terbukti efektif dalam membuat mahasiswa menjadi lebih rajin masuk kelas. Dalam dua minggu sistem ini diterapkan, tingkat kehadiran mahasiswa di Universitas Hangzhou Dianzi naik tujuh persen dibandingkan periode sebelumnya.

Bukan itu saja, para dosen juga tidak perlu membuang- buang waktu untuk memeriksa absensi. Hu Haibin, seorang wakil direktur kantor kemahasiswaan di kampur tersebut menyebut bahwa AI telah memangkas waktu absensi dari delapan menit menjadi 15 detik saja.

 

Bukan untuk Menangkap Siapa yang Tidak Masuk Kelas

Meski teknologi AI pada sistem absensi ini dapat dengan mudah mendeteksi mahasiswa mana saja yang tidak masuk, namun tujuan utama dari pengadaan aplikasi ini adalah untuk mencari tahu alasan mengapa mereka tidak masuk kelas.

Baca Ini Juga Ya :   Wajib Coba! Tips Cukur Bulu Kaki Biar Nggak Cepet Tumbuh Lagi

Hasil rekaman dan transkripsi yang diambil oleh AI ini nantinya akan digunakan untuk membangun database. Selanjutnya, pihak kampus diharuskan untuk menghubungi mahasiswa yang tidak hadir untuk menggali alasan lebih dalam dan memotivasi mereka agar rajin masuk kelas.

 

Gambar : AI semakin umum digunakan di China. Dalam foto ini, AI merekam dan mengenali wajah para pengunjung 14th China International Exhibition on Public Safety and Security.(NICOLAS ASFOURI / AFP)

Sumber : Xinhuanet,South China Morning Post

Komentar

komentar

Tags: