Type to search

Trending

Viral Tes Kesehatan Mata Online, Dokter RSUP Dr Sardjito : “Hoaks itu”

Viral Tes Kesehatan Mata Online, Dokter RSUP Dr Sardjito : “Hoaks itu”

Beberapa minggu terakhir viral sebuah pesan berantai tentang tes mata lewat aplikasi chatting. Setelah itu, pesan ini kemudian juga booming di media sosial. Dalam pesan itu, terdapat sebuah gambar dengan latar hitam penuh dengan titik- titik putih melingkar memenuhi gambar.

Pesan ini juga dilengkapi dengan instruksi untuk membaca angka yang terlihat di gambar. Setiap angka yang terbaca dari pesan itu diklaim bisa menunjukkan apa masalah mata yang dialami pembaca, seperti astigmatisme (mata silinder), myopia (mata minus), atau normal.

Namun, apakah benar pesan ini memberikan hasil yang akurat untuk test mata?

Dilansir dari Kompas, dr Widyanda, atau yang akrab dipanggil dr Doni, staff Neuro-Oftalmologi RSUP Dr Sardjito, sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran UGM memberikan keterangan mengenai tes mata tersebut.

“Hoaks itu,” ungkap Doni melalui pesan singkat saat diminta untuk konfirmasi.

Tes gangguan penglihatan biasanya dilakukan menggunakan huruf Snellen dan alat autoref untuk mengetahui normal tidaknya penglihatan seseorang.

Menanggapi hoax tersebut, lebih lanjut Dokter Doni juga menyarankan pembaca agar tes kesehatan mata sebaiknya dilakukan di rumah sakit. Selanjutnya, resep yang diperoleh dari dokter mata dibawa ke optic untuk diberi kacamata.

“Optik hanya melayani resep kacamata dari dokter mata,” kata Doni.

“Sedangkan untuk Rumah sakitnya, tidak harus khusus mata, yang penting ada dokter spesialis mata dan alatnya lengkap,” tambahnya.

Baca Ini Juga Ya :   Bikin Ketagihan! Kopi Indonesia Laku Rp 360 M di Pameran AS

Komentar

komentar