Type to search

Inspiratif

Dikenal Super Hemat, Miliarder ini Hanya Habiskan RP 5 Juta per Bulan

Zong Qinghou, dan brand minuman Wahaha miliknya

Sebagai seorang miliarder, menikmati hidup sepenuhnya dengan bermewah- mewahan tentu tidak menjadi masalah. Namun miliarder asal China, Zong Qinghou, ini memilih untuk menjalani kehidupan yang super sederhana. Pria yang pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di China selama tiga tahun berturut- turut semenjak 2010 hingga 2013 ini bahkan dinobatkan sebagai Miliarder Terhemat.

Percaya atau tidak, setiap bulannya pria ini hanya menghabiskan RM 2.400 atau setara dengan Rp 5 juta. Padahal, bisa saja ia menghabiskan nominal puluhan juta setiap bulannya. Untuk ukuran seorang miliarder, tentu angka ini sangat luar biasa.

Sebelum Zong Qinghou, kita mungkin juga sering mendengar kisah miliarder dunia sederhana lainnya, seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Namun, kehidupan yang dijalani Zong Qinghou ini masih jauh lebih sederhena.

Dikutip dari World of Buzz, pria berusia 74 tahun ini mendapatkan kekayaannnya dari perusahaan minuman terbesar China, ‘Wahaha’ dengan jumlah kekayaan mencapai USD 11,4 miliar atau setara Rp 161,3 triliun rupian.

Baca Ini Juga Ya :   Viral! Demi Beli Membership Game Online, Anak Bos Asuransi ini Rela Jadi OB

Lahir dari Keluarga Tidak Mampu

Salah satu alasan Zong untuk tidak hidup bermewah- mewahan adalah karena jauh sebelum kaya raya, ia sempat hidup miskin.

Zong lahir dan tumbuh di keluarga yang kurang mampu. Ibunya adalah tulang punggung keluarga dengan gaji yang kecil dari menjadi seorang guru. Untuk menambah penghasilan keluarga, Zong yang saat itu baru lulus SMA dan baru berusia 17 tahun akhirnya bekerja sebagai seorang petani di ladang garam dekat desanya di Hangzhou, China.

Zong Qinghou

Selain menjadi petani garam, ia juga bekerja secara serabutan dengan menjadi bagian dari bidang konstruksi hingga pengantar susu. Setelah 15 tahun bekerja di desa tetangga, Zong memutuskan untuk kembali ke desanya dan bekerja sebagai pegawai toko. Saat menjadi pegawai toko, ia hanya menerima gaji 30 yuan, atau setara dengan RP 63 ribu per bulan.

Baca Ini Juga Ya :   Meski Kaya Raya, 10 Foto Ini Adalah Bukti Sederhananya Keluarga Mark Zuckerberg

 

Mengambil Alih Pabrik Kecil

Jalan Zong menuju sukses mulai terbuka sejak ia berusia 42 tahun. Ia berhasil mengambil alih sebuah pabrik kecil dan mulai memproduksi minuman berkarbonasi dan es loli. Untuk menjual produknya, Zong menggunakan sepeda dan berhasil mengumpulkan 220ribu yuan atau setara Rp 463 juta dalam waktu satu tahun. Angka ini jauh di atas target yang ia canangkan sebelumnya, yaitu 100 ribu yuan atau setara dengan Rp 210 juta.

Dari titik ini lah akhirnya Zong mendapatkan ide untuk membuat merek minumannya sendiri, ‘Wahaha’. Pada 1998, Wahaha memproduksi minuman untuk bayi yang dengan cepat diterima masyarakat. Produk Wahaha kemudian menguasai pasar dan membuat usahanya berkembang pesat.

Baca Ini Juga Ya :   Transformasi Menakjubkan 10 Ruangan Rumah yang Dulu Tidak Terurus. Hasilnya bak Bumi dan Langit

Selanjutnya, Zong mengambil alih pabrik lain yang memproduksi makanan kaleh. Ia mulai memproduksi minuman botol yang saat itu belum begitu populer di China. Produk baru ini ternyata dianggap sangat berhasil menggaet minat konsumen dan dipandang sebagai barang mewah.

 

Tetap Setia Hidup Sederhana

Meski Wahaha kini telah menjadi produsen minuman terbesar di China, kenyataannya Zong memilih mempertahankan hidup sederhananya. Selain hanya mengalokasikan uang sekitar USD 20 atau Rp 283 per harinya, Zong juga lebih sering memakaia pakaian, sepatu, dan bahkan tas yang biasa saja kemanapun ia pergi.

Saat banyak miliarder lain lebih suka makan di hotel berbinta, Zong lebih menyukai makanan sederhana. Tidak jarang ia memilih untuk makan bersama dengan pegawainya di jam makan siang.

 

Komentar

komentar

Tags:

You Might also Like